kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45823,04   -9,71   -1.17%
  • EMAS953.000 0,85%
  • RD.SAHAM -0.61%
  • RD.CAMPURAN -0.21%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.07%

Angkatan Laut China resmi tugaskan Nanning, kapal perusak baru dengan peluru kendali


Selasa, 15 Juni 2021 / 09:39 WIB
Angkatan Laut China resmi tugaskan Nanning, kapal perusak baru dengan peluru kendali
ILUSTRASI. Kapal perusak berpeluru kendali Type 052D Hohhot yang ada di bawah Komando Teater Selatan PLA meluncurkan dua suar sinyal selama pelatihan tempur nyata di perairan Laut Cina Selatan pada 29 Mei 2020.

Sumber: Global Times | Editor: Prihastomo Wahyu Widodo

KONTAN.CO.ID - BEIJING. Satu lagi kapal perusak Type 052D buatan China memasuki layanan. Kapal baru dengan nama Nanning ini melakukan debut publik pertamanya dalam latihan di Laut China Selatan.

Situs resmi militer China, eng.chinamil.com.cn, pada hari Minggu (13/6), mengabarkan bahwa Nanning bergabung dengan Komando Teater Selatan militer China. Nanning merupakan kapal ketiga dari seri Type 052D yang diluncurkan tahun ini.

Dalam debutnya, Nanning langsung mengikuti latihan pertempuran realistis selama empat hari di perairan di Laut Cina Selatan, termasuk berlatih manuver dan pengisian ulang bahan bakar di laut.

Selain Nanning, unit kapal lain juga ikut serta, seperti kapal suplai Type 901 Chaganhu serta kapal pendarat amfibi Type 071 Qilianshan. Nanning sebagai kapal perusak berpeluru kendali melengkapi armada latihan ini.

Berdasarkan foto yang dirilis, Nanning diduga sebagai Type 052D yang mengalami peningkatan, dengan dek penerbangan helikopter yang diperluas dan radar anti-siluman baru.

Baca Juga: Sambut baik dukungan G7, Taiwan: Kami juga akan menyumbangkan kekuatan

Dikutip dari Global Times, para pengamat menilai bahwa bergabungnya Nanning dalam latihan akhir pekan lalu menunjukkan bahwa kapal ini mampu bertugas dalam pertempuran dengan kecepatan tinggi.

Nanning, yang berbasis di Laut China Selatan, diprediksi akan memainkan peran penting dalam menjaga integritas teritorial China, kedaulatan nasional, dan kepentingan pembangunan.

Secara umum, Nanning adalah model ketiga dari kapal perusak Type 052D yang memasuki layanan militer China di tahun 2021, menyusul Suzhou dan Huainan.

Militer China juga sudah menugaskan kapal perusak lain yang lebih besar dari Type 055 tahun ini, masing-masing dengan kode nama Lhasa dan Dalian.

Pada Agustus 2020 lalu, China meluncurkan kapal perusak Type 052D ke-25 dan kapal perusak besar Type 055 ke-8. Tahun ini diprediksi akan ada lebih banyak kapal perusak yang mulai ditugaskan ke lapangan.

Selanjutnya: Pesawat siluman FC-31 diprediksi akan bertugas di kapal induk terbaru China




TERBARU
Kontan Academy
MiniMBA on Problem Solving using world class consultants approach Sukses Memimpin: Kunci Kepemimpinan Asertif Batch 2

[X]
×