kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45898,78   -24,72   -2.68%
  • EMAS1.319.000 0,00%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Angkatan Laut India segera terima dukungan meriam kapal perang baru dari AS


Senin, 11 Januari 2021 / 11:52 WIB
Angkatan Laut India segera terima dukungan meriam kapal perang baru dari AS
ILUSTRASI. INS Shakti, kapal tanker armada Angkatan Laut India berlabuh di Pangkalan Angkatan Laut Changi saat berkunjung ke Singapura, 10 Mei 2018. REUTERS/Feline Lim


Sumber: Sputnik News | Editor: Prihastomo Wahyu Widodo

KONTAN.CO.ID - NEW DELHI. Amerika Serikat (AS) dan India yang sama-sama bersitegang dengan China semakin menunjukkan kedekatannya. Angkatan Laut India akan segera menerima pasokan senjata baru dari AS.

Dilansir dari ANI News Agency, Angkatan Laut AS akan menyediakan tiga unit meriam kaliber menengah 127mm untuk melengkapi kapal perang Angkatan Laut India. Kesepakatan tersebut dilaporkan pada hari Rabu (6/1) pekan lalu sebagai bagian dari kontrak senilai US$ 520 juta.

Duta Besar AS untuk India, Kenneth Juster, pada hari Selasa (5/1) menegaskan kembali bahwa jual beli senjata antara kedua negara akan terus diperkuat. Juster mengklaim bahwa India telah membeli persenjataan AS senilai lebih dari $ 20 miliar dalam 15 tahun terakhir.

"Dalam tiga tahun terakhir, militer India telah mendatangkan beberapa persenjataan asal AS. Termasuk helikopter serang Apache, helikopter angkat berat Chinook, dan artileri ultra-ringan M777," ungkap Kenneth Juster.

Baca Juga: China terjunkan jet J-10C dan J-11B baru dalam latihan gabungan dengan Pakistan

Meriam Mk 45 kaliber 127mm memiliki jangkauan lebih dari 20 mil laut (32 km) dengan bantuan proyektil Cargo 5 inci baru dari AS dan kemampuan dorongan yang ditingkatkan.

Tiga meriam tersebut nantinya akan berasal dari inventaris Angkatan Laut AS dan akan menjadi peningkatan penting bagi India karena merupakan senjata kaliber menengah pertama yang dimiliki Angkatan Laut India. Sebagai catatan, saat ini Angkatan Laut India menggunakan artileri 100mm di semua kapal perang yang bertugas.

Pihak India sendiri mengirimkan surat permintaan kepada pemerintah AS untuk membeli 13 meriam kaliber sedang 127mm yang dimaksudkan untuk melengkapi kapal perusak siluman Project 15B kelas Visakhapatnam dan fregat siluman Project 17A.

Baca Juga: Jet tempur tak berawak bakal jadi senjata baru Jepang untuk hadapi China




TERBARU
Kontan Academy
EVolution Seminar Supply Chain Management on Sales and Operations Planning (S&OP)

[X]
×