kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45926,73   11,38   1.24%
  • EMAS1.325.000 0,00%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Angry Birds bersiap menggelar IPO


Rabu, 06 September 2017 / 15:15 WIB
Angry Birds bersiap menggelar IPO


Reporter: Barratut Taqiyyah Rafie | Editor: Barratut Taqiyyah Rafie

KONTAN.CO.ID - Angry Birds saat ini tengah sibuk mempersiapkan hajatan initial public offering (IPO).

Pada Selasa (5/9), Rivio Entertainment yang merupakan induk perusahaan franchise Angry Birds, mengatakan pihaknya berencana menggelar IPO dan mencatatkan sahamnya di indeks Nasdaq Helsinki.

The Espoo, perusahaan yang berbasis di Finlandia, bilang IPO ini akan meliputi penjualan saham oleh pemegang saham mayoritas yaitu Trema International Holdings, dan menerbitkan saham dengan nilai sekitar 30 juta euro atau US$ 35,7 juta.

Perusahaan berharap, aksi korporasi ini akan mendongkrak pertumbuhan, memperkuat brand, dan mempermudah perusahaan melakukan akuisisi.

Informasi saja, Rovio telah membangun kerajaan mobile game populernya, Angry Birds. Hal ini termasuk mainan anak-anak, pakaian, hingga film tiga dimensi (3D). Aplikasi permainan yang dirilis sejak 2009 ini, memungkinkan player untuk melepaskan burung virtual ke arah musuh mereka yakni para babi, dengan tujuan melindungi telur-telur mereka.

Sementara itu, berdasarkan data yang dirilis Box Office Mojo, film Angry Birds yang dirilis 2016 lalu berhasil menghimpun pendapatan kotor US$ 350 juta hanya untuk penjualan tiketnya di seluruh dunia. Kabarnya, sekuel kedua film ini akan dirilis 2019.

Film ini berhasil meniupkan kehidupan baru bagi brand Angry Bird, yang sebelumnya harus berjuang keras di tengah persaingan sengit dengan aplikasi game lain.

CEO Rovio Mikael Hed mengundurkan diri pada 2014 dan perusahaan memangkas jumlah karyawan mereka pada tahun berikutnya. Tak hanya itu, bisnis mereka juga berubah dari sebelumnya 'bayar untuk bermain' menjadi game 'yang bisa dimainkan gratis'.

"Saya sangat meyakini strategi pada game kami. Menggelar IPO dan pencatatan saham merupakan batu loncatan penting dalam mengembangkan Rovio menjadi perusahaan entertainment pertama yang kuat," jelas CEO Rovio Kati Levoranta seperti yang dilansir CNN.

Informasi tambahan saja, pendapatan Rovio melonjak hingga 94% pada kuartal II seiring dengan dirilisnya film Angry Birds dan performa game mereka yang baik. Game tersebut sudah didownload lebih dari 3,7 miliar kali.




TERBARU

[X]
×