kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45862,44   -0,26   -0.03%
  • EMAS918.000 -1,50%
  • RD.SAHAM -0.33%
  • RD.CAMPURAN -0.01%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.06%

Ant Group tengah menjajaki opsi bagi Jack Ma untuk mendivestasi sahamnya


Minggu, 18 April 2021 / 07:25 WIB
Ant Group tengah menjajaki opsi bagi Jack Ma untuk mendivestasi sahamnya
ILUSTRASI. logo Ant Group. REUTERS/Shu Zhang/File Photo

Sumber: Reuters | Editor: Herlina Kartika Dewi

KONTAN.CO.ID - SHANGHAI. Ant Group tengah menjajaki opsi bagi pendiri raksasa teknologi keuangan itu Jack Ma untuk mendivestasikan sahamnya dan menyerahkan kendali, karena pertemuan dengan regulator China memberi isyarat kepada perusahaan bahwa langkah tersebut dapat membantu menarik garis di bawah pengawasan Beijing, menurut sebuah sumber yang akrab dengan regulator dan dua orang yang berhubungan dekat dengan perusahaan.

Reuters untuk pertama kalinya melaporkan detail putaran terakhir pertemuan dan diskusi tentang masa dengan kendali Ma atas Ant, yang dilakukan melalui struktur kendaraan investasi yang rumit.

The Wall Street Journal sebelumnya melaporkan bahwa Ma dalam pertemuan November dengan regulator telah menawarkan untuk menyerahkan sebagian aset Ant kepada pemerintah China.

Pejabat dari bank sentral, People's Bank of China (PBOC), dan regulator keuangan China Banking and Insurance Regulatory Commission (CBIRC) mengadakan pembicaraan antara Januari dan Maret dengan Ma dan Ant secara terpisah, di mana kemungkinan keluarnya taipan dari perusahaan dibahas, menurut akun yang diberikan oleh sumber yang mengetahui pemikiran regulator dan salah satu sumber yang memiliki hubungan dekat dengan perusahaan.

Baca Juga: Kekayaan Jack Ma bertambah puluhan triliun setelah saham Alibaba melesat

Ant membantah bahwa divestasi saham Ma pernah dipertimbangkan. "Divestasi saham Tuan Ma di Ant Group tidak pernah menjadi subjek diskusi dengan siapa pun," kata juru bicara Ant dalam sebuah pernyataan.

Reuters tidak dapat menentukan apakah Ant dan Ma akan melanjutkan dengan opsi divestasi, dan yang mana yang akan dipilih. Perusahaan berharap saham Ma, yang bernilai miliaran dolar, dapat dijual kepada investor yang ada di Ant atau afiliasi e-commerce Alibaba Group Holding Ltd tanpa melibatkan entitas eksternal, kata salah satu sumber yang berhubungan dengan perusahaan.

Tetapi sumber kedua yang juga dengan koneksi perusahaan mengatakan bahwa selama diskusi dengan regulator, Ma diberitahu bahwa dia tidak akan diizinkan untuk menjual sahamnya kepada entitas atau individu yang dekat dengannya, dan sebaliknya harus keluar sepenuhnya. Opsi lain adalah mentransfer sahamnya ke investor China yang berafiliasi dengan negara, kata sumber itu.

Setiap langkah akan membutuhkan persetujuan Beijing, kata kedua sumber yang memiliki pengetahuan tentang pemikiran perusahaan.

Catatan yang diberikan oleh ketiga sumber tersebut konsisten dalam hal garis waktu tentang bagaimana diskusi telah berkembang selama beberapa bulan terakhir. Di sisi perusahaan, satu sumber mengatakan Ma bertemu regulator lebih dari satu kali sebelum Tahun Baru Imlek, yaitu pada awal Februari. Dan sumber kedua mengatakan Ant mulai mengerjakan opsi untuk kemungkinan keluarnya Ma sekitar beberapa bulan yang lalu. Sumber yang mengetahui pemikiran regulator mengatakan Ant telah memberi tahu pejabat selama pertemuan beberapa saat sebelum pertengahan Maret bahwa mereka sedang mengerjakan opsi.

Sumber yang mengetahui pemikiran regulator memiliki pengetahuan langsung tentang percakapan antara Ant dan pejabat, sementara salah satu sumber yang memiliki hubungan dengan perusahaan telah diberi pengarahan tentang interaksi Ma dengan regulator dan rencana Ant. Yang lainnya memiliki pengetahuan langsung tentang diskusi Ant tentang opsi. Mereka meminta anonimitas karena sensitivitas situasi.




TERBARU
Kontan Academy
Mastering Virtual Selling: How to win sales remotely Optimasi alur Pembelian hingga pembayaran

[X]
×