kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45893,43   -4,59   -0.51%
  • EMAS1.333.000 0,00%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Anthem menawar Cigna US$ 47 miliar


Senin, 22 Juni 2015 / 11:27 WIB
Anthem menawar Cigna US$ 47 miliar


Sumber: Reuters | Editor: Uji Agung Santosa

NEW YORK. Siap-siap, industri asuransi dunia bakal segera berubah. Tengok saja, raksasa asuransi asal Amerika Serikat (AS), Anthem Inc menawar Cigna Corp sebesar US$ 47 miliar, dalam bentuk kas dan saham.

Anthem bernafsu mengakuisisi Cigna demi menggenjot pendapatan dari segmen bisnis asuransi lembaga pemerintah. Cigna menjadi pilihan lantaran spesialis asuransi karyawan.

Dalam rencana Anthem, akuisisi tersebut bakal membuat skala perusahaan membesar, sehingga, bisa menetapkan harga jual lebih kompetitif sekaligus memperkuat jejaring dokter. "Anthem telah memasukkan empat kali penawaran kepada Cigna di Juni 2015. Kesepakatan belum tercapai karena masih negosiasi posisi CEO Cigna David Cordani di perusahaan hasil merger," ungkap manajemen Anthem, Sabtu (20/6).

Pekan lalu, Wall Street Journal melaporkan, Cigna pernah menolak tawaran akuisisi Anthem. Anthem merinci, pihaknya telah menaikkan tawaran akuisisi menjadi US$ 184 per saham ke Cigna.

Tawaran itu lebih premium 18% ketimbang harga saham Cigna pada perdagangan akhir pekan lalu yang sebesar US$ 155,26 per saham. Anthem menawar Cigna dengan skema 68,6% tunai dan 31,4% dalam bentuk saham.

Andai Cigna dan Anthem kawin, keduanya bakal memiliki 53 juta pemegang polis. Ini terdiri dari nasabah komersial, pemerintahan, konsumer, dan sebagainya. Hitungan Anthem, akuisisi bakal mempertebal pemasukan hingga 10% di tahun pertama. Selanjutnya, pendapatan perusahaan hasil merger bisa membesar hingga dua kali lipat.

Tak hanya itu, pendapatan tahunan perusahaan hasil kombinasi bisa mencapai US$ 115 miliar. Sebagai gambaran, Anthem merupakan perusahaan asuransi terbesar kedua di AS. Produk Anthem yakni Blue Cross Blue Shield melayani pegawai pemerintahan di 14 negara bagian AS.

Peta konsolidasi

Sumber Reuters berbisik, aksi Anthem memburu Cigna muncul di tengah langkah sang kompetitor Aetna Inc yang berambisi membeli Humana Inc. Humana dikabarkan membuka diri untuk diakuisisi sejak Mei 2015 lalu.

Yang menarik, beredar rumor bahwa Cigna turut berencana membeli Humana. Anthem juga sempat digosipkan bakal membeli Humana. Di saat yang sama, UnitedHealth Group memproses pembelian terhadap Aetna.

Konsensus Wall Street menilai, kombinasi terbaik adalah Anthem  merger dengan Humana. Transaksi itu tidak menyalahi aturan monopoli sehingga lebih mudah mengantongi izin regulator.          




TERBARU
Kontan Academy
Practical Business Acumen Supply Chain Management on Sales and Operations Planning (S&OP)

[X]
×