kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45923,49   -7,86   -0.84%
  • EMAS1.319.000 -0,08%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Antisipasi corona, penampilan publik Kim Jong-un turun drastis di tahun ini


Kamis, 24 September 2020 / 10:03 WIB
Antisipasi corona, penampilan publik Kim Jong-un turun drastis di tahun ini
ILUSTRASI. Pemimpin tertinggi Korea Utara Kim Jong Un


Sumber: Yonhap,Yonhap | Editor: Anna Suci Perwitasari

KONTAN.CO.ID - SEOUL. Penampilan publik dari Pemimpin Tertinggi Korea Utara Kim Jong-un yang rendah di tahun ini dilakukan untuk mencegah pandemi virus corona. Berdasarkan data Kementerian Unifikasi Korea Selatan, Kim muncul di depan umum hanya 39 kali selama periode Januari-September 2020.

Jumlah tersebut merupakan yang terendah sejak Kim menjabat sebagai pemimpin tertinggi menggantikan sang ayah Kim Jong-il, yang meninggal pada akhir 2011 lalu.

Rata-rata tahunan dari penampilan publik Kim Jong-un selama lima tahun menjabat capai 164. Sedangkan rata-rata dalam tiga tahunan terakhir 93 penampilan publik.

Penurunan jumlah penampilan publik Kim dikabarkan karena Korea Utara dalam kondisi siaga tinggi dalam menangkal wabah Covid-19. Para ahli mengatakan, berkurangnya eksposur publik tahun ini mungkin karena kehati-hatian ekstra untuk menghindari tertular virus tersebut.

Baca Juga: Inilah cara penularan virus corona di pesawat terbang

Kim telah keluar dari pandangan publik selama berminggu-minggu sebelum muncul kembali pada awal Mei, memicu spekulasi tentang kesehatannya dan kemungkinan dia terinfeksi virus corona.

Meskipun lebih sedikit aktivitas publik, Kim baru-baru ini meningkatkan penampilannya di pertemuan partai besar karena negara itu berjuang untuk pulih dari topan dan banjir yang beruntun terjadi. 

Berdasarkan laporan yang sama, Kim telah memimpin lebih dari 54 pertemuan Partai Pekerja sejak menjabat. Dari total, dia memimpin 15 pertemuan seperti itu terjadi di tahun ini saja. 

Dari pertemuan partai yang dia hadiri, tujuh terkait dengan upaya antivirus, dengan empat sesi terkait dengan kerusakan akibat topan dan banjir. 

Dia juga baru-baru ini meningkatkan perjalanan "panduan lapangan" ke daerah-daerah yang dilanda topan. Dia telah mengunjungi daerah yang terkena dampak lima kali sejak Agustus.

Para pengamat melihat peningkatan penampilannya baru-baru ini di pertemuan partai dan inspeksi di tempat yang dimaksudkan untuk menyoroti citranya sebagai pemimpin yang peduli dengan orang-orang yang menderita akibat upaya antivirus yang berkepanjangan, banjir, dan sanksi global.

Selanjutnya: Kim Jong Un terima kado dari Presiden Jokowi, ada apa?




TERBARU
Kontan Academy
EVolution Seminar Supply Chain Management on Sales and Operations Planning (S&OP)

[X]
×