Anwar Ibrahim: Blok Sabah Bergabung dengan Pemerintah Persatuan Malaysia

Jumat, 25 November 2022 | 14:24 WIB   Reporter: Handoyo
Anwar Ibrahim: Blok Sabah Bergabung dengan Pemerintah Persatuan Malaysia

ILUSTRASI. Gabungan Rakyat Sabah (GRS) telah setuju untuk bergabung dengan pemerintah persatuan Malaysia. ANTARA FOTO/Rafiuddin Abdul Rahman/hp.


KONTAN.CO.ID - KUALA LUMPUR. Gabungan Rakyat Sabah (GRS) telah setuju untuk bergabung dengan pemerintah persatuan Malaysia, kata Perdana Menteri Anwar Ibrahim saat konferensi pers pada hari Jumat (25 November).

“Hajiji (Noor), menteri utama Sabah, telah mengumumkan bahwa GRS secara resmi akan bergabung dengan pemerintah persatuan,” katanya setelah memulai tugas resminya di kompleks kantor perdana menteri.

Anwar mengatakan ini berarti bahwa pemerintahannya akan memiliki dua pertiga mayoritas di Majelis Rendah.

Baca Juga: Jokowi kepada Anwar Ibrahim: Selamat Atas Terpilihnya sebagai PM Malaysia ke-10

Perdana menteri baru itu menambahkan bahwa Kabinet akan dirampingkan. Dia mengatakan bahwa anggota Kabinet telah diminta untuk menyetujui usulannya untuk mengurangi gaji mereka.

"Tapi ini masih dalam proses pembahasan dan persiapan," katanya. 

Anwar belum mengumumkan susunan kabinetnya. Dia juga mengatakan kepada wartawan bahwa prioritas utama pemerintahan barunya adalah mengatasi meningkatnya biaya hidup.

“Saya bersikeras bahwa prioritasnya harus pada biaya hidup – harga barang-barang yang mengancam dan membebani kehidupan masyarakat. Makanya saya minta pembahasan lebih detail dan tindakan segera untuk meringankan beban ini,” ujarnya.

Dia menambahkan bahwa dia telah meminta pertemuan khusus dengan instansi terkait paling lambat Senin untuk membahas masalah tersebut.

Editor: Handoyo .

Terbaru