kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45926,73   11,38   1.24%
  • EMAS1.310.000 -1,13%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Apa itu Blue Moon? Mari mengenal fenomena tersebut dan kapan akan terjadi lagi


Senin, 23 Agustus 2021 / 09:15 WIB
Apa itu Blue Moon? Mari mengenal fenomena tersebut dan kapan akan terjadi lagi
ILUSTRASI. Apa itu Blue Moon? Mari mengenal fenomena tersebut dan kapan akan terjadi lagi


Penulis: Arif Budianto

KONTAN.CO.ID - Apa itu Blue Moon? Apakah berarti bulan yang berwarna biru? Mari kita mengenal fenomena Blue Moon dan kapan akan terjadi.

Bulan, apa yang terbesut di kepala Anda apabila mendengar kata tersebut? Di bulan Agustus 2021 ini ada fenomena menarik yang berkaitan dengan bulan.

Disebut sebagai Blue Moon, fenomenai ini cukup langka dan tidak akan terjadi setiap bulan atau bahkan di tahun-tahun selanjutnya.

Ingin tahu lebih banyak tentang Blue Moon? Mari kita simak artikel menarik yang akan kita bahas kali ini.

ILUSTRASI: Bulan Purnama di New York

Apa itu Blue Moon?

Seperti yang kita ketahui, umumnya bulan purnama terjadi satu kali dalam sebulan. Artinya, dalam satu tahun kita bisa melihat 12 kali bulan purnama.

Namun demikian, tidak menutup kemungkinan dalam satu bulan bisa terjadi kemunculan bulan purnama lebih dari satu kali. Nah, peristiwa munculnya bulan purnama yang lebih dari sekali ini disebut sebagai Blue Moon atau Bulan Biru.

Apakah Blue Moon berwarna biru?

Mengutip dari laman Space.com, penggunaan Blue Moon pertama yang tercatat dalam bahasa Inggris berasal dari tahun 1528. Hal tersebut disampaikan Gordon Johnston dari NASA dalam tulisan panduan bulan purnama untuk bulan Agustus dan September.

Spekulasi asal usul istilah tersebut mencakup frasa Bahasa Inggris kuno yang berarti 'bulan pengkhianat' atau referensi untuk peristiwa langka. Seperti ketika debu di atmosfer membuat bulan benar-benar tampak biru.

Sejak tahun 1940-an istilah Blue Moon juga telah digunakan untuk bulan purnama kedua dalam satu bulan yang memiliki dua bulan purnama.




TERBARU

[X]
×