kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45923,49   -7,86   -0.84%
  • EMAS1.319.000 -0,08%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Apa Itu Operation London Bridge is Down, Kode Saat Ratu Elizabeth II Meninggal?


Jumat, 09 September 2022 / 09:54 WIB
Apa Itu Operation London Bridge is Down, Kode Saat Ratu Elizabeth II Meninggal?
ILUSTRASI. Apa Itu Operation London Bridge is Down, Kode Rahasia Saat Ratu Elizabeth II Meninggal. REUTERS/Eddie Mulholland/POOL


Penulis: Virdita Ratriani

KONTAN.CO.ID - London Bridge is Down adalah kode rahasia yang disebut saat Ratu Elizabeth II meninggal. Namun, apa arti kode operation London Bridge is Down

Ratu Elizabeth II meninggal dunia pada usia 96 tahun setelah menjabat sebagai Ratu Inggris selama 70 tahun. Ratu Elizabeth II meninggal di Kastil Balmoral, Skotlandia setelah kondisi kesehatannya menurun dan berada di bawah pengawasan tim dokter Kerajaan Inggris. 

Raja berusia 96 tahun itu telah dirundung masalah kesehatan sejak Oktober tahun lalu yang membuatnya kesulitan berjalan dan berdiri. 

Keluarga terdekatnya pergi untuk bergabung dengannya pada hari Kamis setelah dokter menempatkannya di bawah pengawasan medis sebelum dia meninggal.

Lantas, apa itu operation London Bridge is Down?

Baca Juga: Ratu Elizabeth II Wafat, Ini Nama Lengkap dan Profilnya

Apa itu operation London Bridge is Down? 

London Bridge is Down

Pada saat Raja George VI meninggal, 65 tahun lalu kode operasi yang digunakan adalah "Hyde Park Corner". Sementara, untuk Ratu Elizabeth II, kode operasi yang digunakan adalah "London Bridge is Down". 

Dirangkum dari The Guardian dan The New York Times, operation London Bridge is Down adalah rangkaian prosedur bagaimana berita kematian Ratu Elizabeth II disebarkan, apa yang dilakukan pada jenazah Ratu Elizabeth II serta prosedur prosesi pemakaman selama 10 hari setelah wafatnya Ratu Elizabeth II. 

Operation London Bridge is Down juga mencakup detail mengenai penurunan bendera setengah tiang dalam waktu 10 menit setelah pejabat pemerintahan diberi tahu mengenai kematian Ratu Elizabeth II. 

Baca Juga: Selamat Jalan Queen Elizabeth II, Ini Fakta Menarik Ratu Elizabeth II Semasa Hidupnya

Kemudian, terdapat larangan meretweet di beberapa akun Twitter milik pemerintah Inggris. Selain itu, pada saat Ratu Elizabeth II meninggal, perdana menteri akan diberitahu mengenai kematian Ratu Elizabeth II oleh pihak kerajaan dengan kode "London Bridge is Down". 

Pusat Respons Global Kantor Luar Negeri akan menyebarkan kematian Ratu Elizabeth II ke negara-negara persemakmuran yang masih dikuasai oleh Ratu Elizabeth II. Lalu, para gubernur jenderal, duta besar, dan perdana menteri akan menggunakan ban lengan hitam untuk dikenakan di lengan kiri. 

Selain itu, berita kematian Ratu Elizabeth II juga akan diumumkan di Istana Buckingham, diunggah di laman resmi keluarga kerajaan, serta di akun sosial media mereka. 

London Bridge is Down juga mencakup prosedur kerajaan menjalani masa berkabung dan transisi ke pemerintahan raja baru yakni Raja Charles III yang menggantikan posisi Ratu Elizabeth II. 

Demikian penjelasan mengenai apa itu operation London Bridge is Down saat kematian Ratu Elizabeth II. 




TERBARU
Kontan Academy
EVolution Seminar Supply Chain Management on Sales and Operations Planning (S&OP)

[X]
×