kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45787,20   0,76   0.10%
  • EMAS1.012.000 0,40%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.09%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.11%

Aplikasi akan dilarang di AS, TikTok siapkan antisipasi bagi para pengiklan


Sabtu, 08 Agustus 2020 / 05:50 WIB
Aplikasi akan dilarang di AS, TikTok siapkan antisipasi bagi para pengiklan
ILUSTRASI. Aplikasi TikTok mendapat perhatian serius dari pemerintah AS

Sumber: Reuters | Editor: Herlina Kartika Dewi

KONTAN.CO.ID - NEW YORK. TikTok menawarkan pengembalian dana kepada pengiklan untuk iklan yang tidak dapat dijalankan, sebagai langkah antisipasi atas kemungkinan larangan aplikasinya di Amerika Serikat.

Mengutip Reuters, Sabtu (8/8), bisnis periklanan dalam bentuk aplikasi video pendek masih baru. Pendapatan TikTok yang diantisipasi sebesar US$ 1 miliar pada tahun 2020 adalah sebagian kecil dari penjualan keseluruhan pemilik ByteDance asal China itu. 

Namun TikTok telah menjadi tempat populer bagi merek yang bertujuan menjangkau pada kreator muda dari aplikasi tersebut.

Baca Juga: Perundingan di kongres gagal, Trump akan coba jalankan stimulus virus corona sendiri

TikTok mengatakan akan terus menghormati kampanye iklan yang direncanakan, mengembalikan uang yang tidak dapat dipenuhi dan juga akan bekerja dengan influencer utama untuk bermigrasi ke platform lain jika terjadi larangan, kata Rob Pearsall, senior vice president of biddable media at ad agency Havas Media, merujuk pada memo yang diterima agensi dari TikTok Jumat pagi.

Presiden Donald Trump menandatangani perintah eksekutif pada hari Kamis yang akan melarang transaksi AS dengan TikTok dan WeChat, aplikasi perpesanan milik China, mulai 15 September.

“Kami berkomitmen untuk menjadi mitra terpercaya bagi merek, agensi, dan pemasar saat kami membangun TikTok untuk jangka panjang. TikTok akan ada di sini selama bertahun-tahun yang akan datang, "kata Blake Chandlee, vice president for global business solutions TikTok, dalam sebuah pernyataan.

Beberapa pengiklan sedang menyusun rencana darurat dan mempertimbangkan aplikasi lain untuk memindahkan anggaran pemasaran mereka.

Aplikasi perpesanan foto Snapchat adalah salah satu opsi bagi pengiklan untuk menjangkau audiens TikTok yang lebih muda, kata Meghan Rao, direktur akun di agensi iklan HYFN, sebuah unit Nexstar Digital, yang menyebut New Balance dan Macy's sebagai klien.

Menurut Rao, perencanaan kontinjensi untuk satu klien yang berencana beriklan di TikTok diharapkan akan dimulai pada hari Senin. Namun dia menolak menyebutkan mereknya.

Baca Juga: Larangan penggunaan WeChat dan TikTok di AS berpotensi menimbulkan tindakan balasan

Salah satu bentuk periklanan populer di TikTok adalah tantangan hashtag, di mana pengguna memposting video tentang produk suatu merek. Karena mensponsori hashtag membutuhkan perencanaan sebelumnya, Havas dan kliennya kemungkinan akan menghentikan iklan tersebut, mengingat tenggat waktu 15 September yang semakin dekat, kata Pearsall.

Seorang direktur agensi iklan yang enggan disebut namanya mengatakan, merek juga mulai bertanya apakah mereka harus ada di aplikasi saingan TikTok seperti Triller dan Byte, yang telah mengalami lonjakan unduhan dalam beberapa hari terakhir.



TERBARU

[X]
×