kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45985,97   -4,40   -0.44%
  • EMAS1.249.000 2,21%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Aplikasi meeting online booming, Verizon sepakat akuisisi BlueJeans US$ 500 juta


Jumat, 17 April 2020 / 15:32 WIB
Aplikasi meeting online booming, Verizon sepakat akuisisi BlueJeans US$ 500 juta
ILUSTRASI. Logo Verizon.


Reporter: Dina Mirayanti Hutauruk | Editor: Herlina Kartika Dewi

KONTAN.CO.ID - CALIFORNIA Verizon Communication Inc sepakat untuk mengakuisisi BlueJeans Network Inc dengan harga di bawah US$ 500 juta. Perusahaan ini ingin memanfaatkan popularitas aplikasi meeting online yang tengah booming saat ini di tengah pandemi virus corona (Covid-19).

BlueJeans merupakan aplikasi konferensi video yang menjadi saingan Zoom Video Communications Inc. Perusahaan ini memiliki sekitar 15.000 klien korporasi saat ini dimana Facebook dan Standard Chartered merupakan beberapa di antara pelanggan utamanya.

Baca Juga: Yahoo Groups ditutup akhir Oktober, semua postingan akan dihapus

Kebijakan bekerja dari rumah di berbagai negara guna menekan penyebaran virus corona telah mendorong perusahaan-perusahaan mengadopsi cara-cara baru dalam berbisnis. 

Alhasil, permintaan aplikasi konferensi video mengalami lonjakan seperti Zoom, Webex, dan Microsoft's Team.

Co founder dan CEO BlueJeans Krish Ramakrishman mengatakan, negosiasi kesepakatan tersebut sudah dilakukan selama tiga bulan terakhir dimana sebagian besar dilakukan lewat konferensi video BlueJeans.

Menurutnya, saat ini sudah terjadi hal normal baru dengan melihat bagaimana kesepakatan itu diselesaikan secara virtual termasuk menggunakan tanda tangan elektronik. "Ini adalah sesuatu hal normal baru," kata Ramakrishman seperti dikutip Reuters, Jumat (17/4).

BlueJeans telah menjadi mitra Verizon, dengan aplikasi rapat ditawarkan kepada pelanggan di bawah layanan komunikasi dan kolaborasi terpadu perusahaan telekomunikasi. "Verizon mendapat tawaran bagus, tetapi BlueJeans telah berusaha menjual dirinya sendiri selama berbulan-bulan," kata analis Piper Sandler James Fish.

Kesepakatan itu rampung di saat Zoom menghadapi lonjakan popularitas dengan pengguna aktif hariannya melonjak hingga 200 juta dari sekitar 10 juta sebelum pandemi mulai menyebar. Zoom memiliki valuasi pasar sebesar US$ 42 miliar.

Baca Juga: Verizon menjual Tumblr ke pemilik WordPress

Sementara BlueJeans tidak mampu meningkatkan penjualan dan pemasaran sebelumnya karena menurut Ramakrishnan perusahaan butuh modal yang lebih besar. 

"Pada bulan lalu, kami telah tumbuh, tetapi kami membutuhkan lebih banyak modal untuk tumbuh dan lebih baik bagi pelanggan dan karyawan kami bahwa kami bergabung dengan Verizon," katanya.

Verizon akan mengintegrasikan BlueJeans ke dalam rencana produk 5G, yang bertujuan untuk memanfaatkan bidang-bidang seperti telemedicine dan pembelajaran jarak jauh, kata Tami Erwin, CEO grup Verizon Business. Evercore dan Goodwin Procter menjadi penasihat keuaangan BlueJeans dalam kesepakatan ini dan Debevoise & Plimpton menjadi penasihat Verizon.




TERBARU
Kontan Academy
Mastering Financial Analysis Training for First-Time Sales Supervisor/Manager 1-day Program

[X]
×