Apple Tertarik Akuisisi Manchester United £ 5,8 Miliar?

Minggu, 27 November 2022 | 10:56 WIB   Reporter: Diki Mardiansyah
Apple Tertarik Akuisisi Manchester United £ 5,8 Miliar?

ILUSTRASI. Apple dikabarkan berminat membeli klub bersejarah asal Inggris, Manchester United,


KONTAN.CO.ID - MANCHESTER. Apple dikabarkan berminat membeli klub bersejarah asal Inggris, Manchester United, setelah pemilik klub mengumumkan secara resmi akan menjual klub berjuluk Setan Merah ini.

Seperti dilansir The Mirror pada Kamis (24/11), pengambilalihan Manchester United oleh raksasa teknologi Apple ini sebagai upaya menjadikan Manchester United sebagai klub terkaya di dunia.

Adapun, Apple mengincar kesepakatan sebesar £ 5,8 miliar atau Rp 109 triliun. Keluarga Glazer pemilik Manchester United sejak tahun 2005 ini telah mengkonfirmasi bahwa pihaknya akan menjual klub kepada penawar tertinggi.

Menurut Daily Star, bos Apple menyatakan minatnya membahas kesepakatan potensial untuk membeli Manchester United. Banyak fans Red Devils juga ingin keluarga Glazers segera lengser dari Manchester United dengan menjual klub ini.

Sebagai informasi, Apple sejauh ini menjadi perusahaan teknologi terbesar dengan pendapatan tahunan hampir £ 400 miliar. Produk mereka juga terkenal dan dijual ke seluruh dunia.

Baca Juga: Louis Vuitton Gaet Ronaldo dan Messi Jadi Bintang Iklan, Berapa Pengikut di Medsos?

Perusahaan yang berbasis di California ini didirikan sebagai perusahaan komputer Apple pada tahun 1976. Apple terus berkembang dan menjadi perusahaan Amerika Serikat (AS) pertama yang diperdagangkan secara publik bernilai lebih dari £ 830 miliar.

Sayangnya, Apple tidak memiliki pengalaman mengurus klub sepak bola sebesar Manchester United, meskipun sang CEO Tim Cook ingin mengeksplorasi peluang yang diberikan dengan kepemilikan di Manchester United. Dia akan mengatur pembicaraan dengan bank yang ditunjuk untuk mengawasi penjualan, termasuk The Raine Group.

Cook memiliki rencana untuk membangun stadion baru yang akan dianggap sebagai yang terbaik di dunia. Meskipun beberapa penggemar Manchester United akan menolak gagasan itu karena sejarah dan tradisi besar stadion Old Trafford. Akan tetapi, sebagian penggemar lain menyambut baik gagasan untuk mengubah klub.

Keluarga Glazers awalnya menetapkan harga yang diminta sekitar £ 8,28 miliar, tetapi mereka diberitahu bahwa nilai ini tidak realistis di pasar saat ini. Pada Juni 2022, menurut Forbes, Real Madrid adalah klub sepak bola paling bernilai di dunia dengan nilai £4,22 miliar. Setelah Real Madrid, Barcelona di urutan kedua dengan nilai £4,20 miliar.

Manchester United berada di urutan ketiga dalam daftar itu. Tetapi, saat ini Manchester United bermain di Liga Europa, dapat dipahami bahwa nilainya mungkin anjlok.

Adapun, Liverpool dan Bayern Munich masuk lima besar, kemudian disusul oleh Manchester City dan Paris Saint-Germain. Erling Haaland dan Lionel Messi membantu perjuangan klub itu untuk menjadi klub yang lebih dikenal dunia.

Baca Juga: Keluarga Glazer Buka Opsi Jual Manchester United, Saham MU Melonjak 14%

Editor: Khomarul Hidayat

Terbaru