kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45940,52   -22,62   -2.35%
  • EMAS952.000 -0,42%
  • RD.SAHAM -1.46%
  • RD.CAMPURAN -0.55%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.02%

Arloji emas Raja George III akan dilelang, harganya lebih mahal dari Ferrari FF


Sabtu, 20 Juni 2020 / 06:43 WIB
Arloji emas Raja George III akan dilelang, harganya lebih mahal dari Ferrari FF
ILUSTRASI. Lelang Arloji emas milik Raja George III 


Sumber: Kompas.com | Editor: Adi Wikanto

KONTAN.CO.ID - Jakarta. Anda suka mengoleksi barang antik yang mewah dan mahal? Arloji emas milik Raja George III dari Inggris bisa jadi tambahan koleksi. Tentunya, Anda harus siapkan dana hingga milyaran rupiah ya, layaknya membeli mobil Ferrari baru tipe FF atau F12 Berlinetta

Rumah lelang Sotheby's yang bermarkas di New York, AS, telah mengumumkan penjualan arloji emas milik Raja George III dari Inggris, yang dibuat oleh Abraham-Louis Breguet.


Baca juga: 4 KRI siaga di Natuna antisipasi perang AS vs China

Breguet merupakan ahli horologi (ilmu atau seni mengukur masa) asal Swiss yang membuat banyak inovasi dalam pembuatan jam di Prancis. Arloji turbillon emas buatan Breguet dijual kepada Raja George III pada tahun 1808, dan kala itu dianggap sebagai bagian dari teknologi mutakhir karena tingkat akurasi waktu yang tepat.     

Lelang arloji emas milik Raja George III ini sebagai bagian dari lelang yang berjudul "The Collection of a Connoisseur,". Arloji emas milik Raja George III tersebut dijual dengan perkiraan harga US$ 895.000 - US$ 1,3 juta atau setara Rp 12 miliar - 18 miliar.

Sebagai pembanding, dengan uang Rp 12 miliar, Anda bisa membeli mobil Ferrari F12 Berlinetta yang seharga Rp 10,8 miliar atau Ferrari FF Rp 12,03 miliar.

Sotheby's akan menjual arloji bersama berbagai potongan horologis yang dibuat pada pergantian abad ke-19. Arloji ini tidak diberi tanda tangan "Breguet" di bagian luar, karena kemungkinan akan menimbulkan skandal jika raja Inggris memiliki arloji dari Prancis. Sebagai gantinya, signature tersebut berada di mesin mekanik tourbillon di bagian dalam arloji.

Sebelumnya arloji ini muncul di Sotheby's pada tahun 1999, dan dijual seharga 551.500 poundsterling atau sekitar Rp 9 miliar dalam konversi terkini. Arloji buatan Breguet sempat lama tidak terlihat di depan umum sejak pameran arloji 1955 di London, Inggris. Penawaran lelang akan berlangsung di London pada 14 Juli. Informasi lebih lanjut tersedia di situs resmi Sotheby's. (Gading Perkasa)

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Arloji Milik Raja George III Akan Dilelang",




TERBARU

[X]
×