kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45985,97   -4,40   -0.44%
  • EMAS1.249.000 2,21%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

AS akan tingkatkan peringatan jangan bepergian bagi warganya ke 80% dunia


Selasa, 20 April 2021 / 05:19 WIB
AS akan tingkatkan peringatan jangan bepergian bagi warganya ke 80% dunia
ILUSTRASI. Departemen Luar Negeri AS mengatakan, pihaknya akan meningkatkan panduan "Jangan Bepergian" ke sekitar 80% negara di seluruh dunia. /REUTERS/Chris Aluka Berry/foc/cfo


Sumber: Reuters | Editor: Barratut Taqiyyah Rafie

KONTAN.CO.ID - WASHINGTON. Departemen Luar Negeri AS mengatakan pada hari Senin (19/4/2021), pihaknya akan meningkatkan panduan "Jangan Bepergian" ke sekitar 80% negara di seluruh dunia. Adapun alasannya adalah risiko yang belum pernah terjadi sebelumnya bagi para pelancong akibat pandemi COVID-19.

"Pembaruan ini akan menghasilkan peningkatan yang signifikan dalam jumlah negara di Level 4: Jangan Bepergian, ke sekitar 80% negara di seluruh dunia," kata departemen itu dalam sebuah pernyataan seperti yang dilansir Reuters.

Sebelumnya, Departemen Luar Negeri AS telah mendaftarkan 34 dari sekitar 200 negara untuk masuk ke dalam daftar "Level 4: Jangan Bepergian", termasuk tempat-tempat seperti Chad, Kosovo, Kenya, Brasil, Argentina, Haiti, Mozambik, Rusia, dan Tanzania. Jika peringatan tersebut dinaikkan menjadi 80%, berarti akan ada penambahan hampir 130 negara lagi.

Reuters memberitakan, sebagian besar warga Amerika sudah dilarang bepergian ke sebagian besar Eropa karena pembatasan Covid-19. Washington telah melarang masuk hampir semua warga negara non-AS yang baru-baru ini berada di sebagian besar Eropa, China, Brasil, Iran, dan Afrika Selatan.

Baca Juga: Ini cara mencegah Covid-19 yang paling efektif

Departemen Luar Negeri AS mengatakan langkah itu tidak menyiratkan penilaian ulang situasi kesehatan saat ini di beberapa negara, tetapi lebih mencerminkan penyesuaian dalam sistem Penasihat Perjalanan Departemen Luar Negeri untuk lebih mengandalkan (Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit) penilaian epidemiologi yang ada.

Terkait dengan hal ini, CDC tidak segera berkomentar.

Mengutip Reuters, pada awal bulan ini, CDC mengatakan masyarakat yang telah divaksinasi penuh terhadap Covid-19 dapat dengan aman melakukan perjalanan di Amerika Serikat dengan "risiko rendah". Akan tetapi, Direktur CDC Rochelle Walensky menganjurkan warga AS untuk tidak melakukannya karena kasus virus corona yang tinggi secara nasional.

Baca Juga: Serang balik China, Taiwan incar rudal jelajah jarak jauh yang diluncurkan dari udara

"Kita tahu bahwa saat ini kita memiliki jumlah kasus corona yang melonjak. Saya akan mengadvokasi untuk tidak melakukan perjalanan umum secara keseluruhan," kata Walensky. "Kami tidak merekomendasikan perjalanan saat ini, terutama untuk individu yang tidak divaksinasi."

Selanjutnya: Angka kematian di dunia akibat Covid-19 tembus 3 juta




TERBARU
Kontan Academy
Mastering Financial Analysis Training for First-Time Sales Supervisor/Manager 1-day Program

[X]
×