kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45920,31   -15,20   -1.62%
  • EMAS1.345.000 0,75%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

AS dan Meksiko sepakati NAFTA, berikut poin penting kesepakatan terbarunya


Selasa, 28 Agustus 2018 / 10:15 WIB
AS dan Meksiko sepakati NAFTA, berikut poin penting kesepakatan terbarunya
ILUSTRASI.


Reporter: Grace Olivia | Editor: Sanny Cicilia

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Amerika Serikat (AS) dan Meksiko, Senin (27/8), akhirnya menyepakati sejumlah syarat baru demi mempertahankan Perjanjian Perdagangan Bebas Amerika Utara (NAFTA) yang berlaku trilateral dengan Kanada. Syarat-syarat baru tersebut meliputi perdagangan mobil, penyelesaian sengketa dagang, dan isu pertanian yang telah disepakati AS dan Meksiko, dan nantinya harus disepakati Kanada juga.

Perwakilan Perdagangan AS Robert Lighthizer mengatakan, Gedung Putih siap untuk menyampaikan keinginan Presiden Donald Trump menandatangani dokumen bilateral tersebut di hadapan Kongres AS pada Jumat (31/8). Meski begitu, AS tetap terbuka kepada Kanada jika nantinya memutuskan bergabung dengan pakta tersebut.

NAFTA merupakan perjanjian trilateral yang telah berjalan selama 24 tahun antara AS, Meksiko, dan Kanada. Perjanjian ini menyokong perdagangan Amerika Utara dengan nilai mencapai US$ 1,2 triliun.

Melansir Reuters, Selasa (28/8), berikut lima kesepakatan utama AS dan Meksiko untuk NAFTA:

Dominasi perdagangan mobil

AS dan Meksiko sepakat menaikkan jumlah produksi mobil dari 62,5% menjadi 75% dari total nilai kendaraan yang diproduksi keduanya. Ambang batas yang lebih tinggi ini disepakati untuk mengurangi porsi mobil dari Asia, serta mendorong manufaktur dan lapangan kerja sektor otomotif di kedua negara.

AS-Meksiko sepakat sebesar 40% - 45% dari nilai kendaraan akan dibuat di wilayah dengan upah tinggi setidaknya US$ 16 per jam. Dengan begitu, produksi otomotif akan naik signifikan di Amerika Serikat. Syarat baru dalam pakta ini juga melingkupi pengunaan baja, aluminium, kaca, dan plastik Amerika dan Meksiko yang lebih banyak.

Keberlanjutan Pakta

Presiden AS Donald Trump sempat mengajukan klausa "Matahari Terbenam" alias penghentian pakta kecuali dirundingkan kembali setiap lima tahun. Kanada dan Meksiko menentang keras permintaan ini lantaran akan mengancam investasi jangka panjang di Amerika Utara. Akhirnya, AS dan Meksiko kemarin menyetujui NAFTA berjalan selama 16 tahun dengan peninjauan ulang setiap enam tahun dan kesempatan memperpanjang selama 16 tahun lagi.

Penyelesaian sengketa

Meksiko setuju untuk menghapus sistem penyelesaian sengketa anti-dumping yang terdapat dalam Bab 19 NAFTA. Keputusan Meksiko ini dinilai bakal menempatkan Kanada dalam posisi yang sulit karena Perdana Menteri Justin Trudeau bersikeras mempertahankan Bab 19 tersebut sebagai cara untuk melawan tarif AS atas kayu lunak, kertas dan produk lain yang dianggapnya tidak adil. Adapun, sistem penyelesaian sengketa antara investor dan negara kini hanya berlaku untuk pengambilalihan, favoritisme untuk perusahaan lokal, serta untuk sektor yang didominasi negara seperti minyak, listrik dan infrastruktur.

Pertanian dan tenaga kerja

Dengan adanya kesepakatan ini, perdagangan produk agrikultural antara AS dan Meksiko tidak akan dikenakan tarif. Kedua negara juga sepakat untuk saling mendukung perkembangan bioteknologi dan inovasi agrikultur lainnya. Kesepakatan ini juga mendorong Meksiko mematuhi standar-standar hak buruh Organisasi Perburuhan Internasional dalam upaya mendorong upah Meksiko lebih tinggi.

Giliran Kanada

Kesepakatan NAFTA AS-Meksiko membuka pintu bagi Kanada untuk segera bergabung kembali dengan pembaruan kesepakatan tersebut. Kanada saat ini berada dalam tekanan untuk menyetujui syarat-syarat baru jika ingin tetap menjadi bagian dari perjanjian trilateral itu. Di sisi lain, beberapa anggota parlemen AS berpendapat, kesepakatan bilateral AS dan Meksiko akan lebih sulut mendapat dukungan Kongres mengingat undang-undang otoritas NAFTA selama ini ditujukan untuk perjanjian trilateral.




TERBARU

[X]
×