kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45923,49   -7,86   -0.84%
  • EMAS1.319.000 -0,08%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

AS izinkan penggunaan vaksin Covid-19 Pfizer untuk anak usia 12-15 tahun


Selasa, 11 Mei 2021 / 09:05 WIB
AS izinkan penggunaan vaksin Covid-19 Pfizer untuk anak usia 12-15 tahun
ILUSTRASI. Vaksin Covid-19 dari Pfizer-BioNTech.


Sumber: Reuters | Editor: Prihastomo Wahyu Widodo

KONTAN.CO.ID - WASHINGTON. Otoritas kesehatan AS pada hari Senin (10/5) mengesahkan penggunaan vaksin Covid-19 dari Pfizer dan BioNTech untuk anak-anak berusia 12 hingga 15 tahun.

Vaksin Pfizer saat ini telah tersedia di AS di bawah izin penggunaan darurat untuk penduduk di bawah usia 16 tahun. Pihak Pfizer dan BioNTech mengakui bahwa proses perizinan telah dimulai sejak pekan lalu.

Sejauh ini vaksin Pfizer jadi satu-satunya vaksin Covid-19 untuk anak yang mendapatkan izin dari Badan Pengawas Obat dan Makanan AS (FDA).

"Tindakan ini memungkinkan populasi yang lebih muda untuk terlindungi dari Covid-19, membawa kita lebih dekat untuk kembali ke perasaan normal dan mengakhiri pandemi," Komisaris FDA Dr Janet Woodcock mengatakan dalam sebuah pernyataan, seperti dikutip Reuters.

Baca Juga: WHO beri izin penggunaan darurat vaksin Covid-19 buatan Sinopharm

Woodcock menjelaskan bahwa orang tua tidak perlu khawatir dengan keamanan vaksin karena pihak FDA sudah peninjauan yang cermat dan menyeluruh terhadap semua data yang tersedia.

Kebanyakan anak pengidap Covid-19 hanya mengalami gejala ringan atau tidak menunjukkan gejala sama sekali. Meskipun demikian, anak-anak tetap bisa menjadi pembawa virus untuk orang lain.

Dijamin aman untuk anak

Saat kekhawatiran akan keamanan vaksin dirasakan orang dewasa, rasanya wajar jika mereka juga khawatir dengan keamanan vaksin Covid-19 untuk anak-anak mereka.

Pfizer dan BioNTech mengatakan pada bulan Maret bahwa vaksin buatan mereka menghasilkan respons antibodi yang kuat dan aman serta efektif pada usia 12 hingga 15 tahun dalam uji klinis.

Baca Juga: Tambah Moderna, ini 5 vaksin virus corona terdaftar di WHO untuk penggunaan darurat




TERBARU
Kontan Academy
EVolution Seminar Supply Chain Management on Sales and Operations Planning (S&OP)

[X]
×