kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45919,51   10,20   1.12%
  • EMAS1.350.000 0,00%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

AS Siap Jadi Pengekspor Bersih Minyak Mentah di 2020


Rabu, 21 Desember 2022 / 08:46 WIB
AS Siap Jadi Pengekspor Bersih Minyak Mentah di 2020


Sumber: Reuters | Editor: Barratut Taqiyyah Rafie

KONTAN.CO.ID - HOUSTON. Amerika Serikat telah menjadi kekuatan pengekspor minyak mentah global selama beberapa tahun terakhir. Akan tetapi, tingkat ekspornya tidak melebihi impornya sejak Perang Dunia II. Namun, kondisi itu bisa berubah tahun depan.

Mengutip Reuters, penjualan minyak mentah AS ke negara lain sekarang mencapai rekor 3,4 juta barel per hari (bpd), dengan ekspor sekitar 3 juta bpd produk olahan seperti bensin dan solar. 

Amerika Serikat juga merupakan pengekspor gas alam cair (LNG) terkemuka, yang pertumbuhannya diperkirakan akan melonjak di tahun-tahun mendatang.

Tetapi Amerika Serikat mengkonsumsi 20 juta barel minyak mentah sehari, terbanyak di dunia, dan produksinya tidak pernah melebihi 13 juta barel per hari. 

Bulan lalu, data pemerintah AS menunjukkan impor minyak mentah bersih AS turun menjadi 1,1 juta barel per hari (bpd), terendah sejak pencatatan dimulai pada tahun 2001. Angka itu turun tajam dari posisi lima tahun lalu, ketika Amerika Serikat mengimpor lebih dari 7 juta barel per hari.

Faktor-faktor yang mengubah hal tersebut tahun ini antara lain sanksi yang merugikan ekspor minyak dan gas alam Rusia menyusul invasinya ke Ukraina, dan pengeluaran besar-besaran minyak Washington dari cadangan darurat untuk memerangi lonjakan harga bensin.

Baca Juga: Harga Minyak Ditutup Menguat, Badai Musim Dingin di AS Picu Kekhawatiran

"Invasi Rusia ke Ukraina telah mendorong permintaan baru untuk energi AS dan harus mendorong ekspor minyak di atas impor akhir tahun depan dengan asumsi produksi minyak serpih meningkat," kata Rohit Rathod, analis pasar di peneliti energi Vortexa.

Untuk menjadi pengekspor bersih minyak mentah, Amerika Serikat perlu meningkatkan produksi atau mengurangi konsumsi. Permintaan minyak bumi AS diperkirakan naik 0,7% menjadi 20,51 juta barel per hari tahun depan, sehingga berarti produksi harus naik.

Amerika Serikat sudah menghasilkan lebih banyak minyak daripada negara lain mana pun di dunia termasuk Arab Saudi dan Rusia. Ladang serpih AS menua dan pertumbuhan produksi tahun ini lamban. 

Output keseluruhan harus mencapai rekor 12,34 juta barel per hari tahun depan, tetapi hanya jika harga cukup menguntungkan untuk mendorong pengebor minyak memompa lebih banyak.

Baca Juga: Harga Minyak Ditutup Menguat, Badai Musim Dingin di AS Picu Kekhawatiran

Menurut perusahaan analitik data Kpler, pengilangan Eropa telah mengambil minyak AS untuk mengimbangi hilangnya minyak Rusia. Sementara itu, dengan diskon minyak mentah AS yang lebih dalam ke tolok ukur global, pengilangan Asia telah meningkatkan pembelian menjadi 1,75 juta barel per hari.

Operator terminal ekspor bergegas meningkatkan kapasitas mereka untuk melayani kapal tanker raksasa yang dapat mengangkut lebih dari 2 juta barel minyak dengan lebih baik.

"Rusia telah terbukti sebagai pemasok yang tidak dapat diandalkan," kata Sean Strawbridge, kepala eksekutif fasilitas ekspor minyak terbesar AS, Port of Corpus Christi. 

Dia menambahkan, "Itu benar-benar menciptakan peluang bagus bagi produsen Amerika dan energi Amerika."

Corpus Christi dapat melihat peningkatan ekspor 100.000 bpd tahun depan, kata Strawbridge, di atas rekor pengiriman 2,2 juta bpd pada Oktober.

Analis mengatakan ekspor bersih dapat berkurang jika banyak negara di seluruh dunia jatuh ke dalam resesi, menghambat permintaan, dan jika relaksasi sanksi lebih lanjut terhadap minyak mentah Venezuela meningkatkan pengiriman negara itu.




TERBARU
Kontan Academy
Success in B2B Selling Omzet Meningkat dengan Digital Marketing #BisnisJangkaPanjang, #TanpaCoding, #PraktekLangsung

[X]
×