kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45897,84   -28,89   -3.12%
  • EMAS1.327.000 1,30%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

AS Terancam Default, Biden Undang Pimpinan Kongres pada Pekan Depan


Selasa, 02 Mei 2023 / 14:54 WIB
AS Terancam Default, Biden Undang Pimpinan Kongres pada Pekan Depan
ILUSTRASI. Presiden AS Joe Biden di Gedung Putih


Reporter: Adrianus Octaviano | Editor: Anna Suci Perwitasari

KONTAN.CO.ID - NEW YORK. Departemen Keuangan Amerika Serikat (AS) memperingatkan ada potensi kekurangan uang tunai untuk membayar tagihan pemerintah pada bulan Juni mendatang. Alhasil, Presiden AS Joe Biden memanggil empat pemimpin tertinggi kongres ke Gedung Putih pada pekan depan.

Menteri Keuangan Janet Yellen mengatakan dalam sebuah surat kepada Kongres bahwa badan tersebut tidak mungkin memenuhi semua kewajiban pembayaran pemerintah AS paling cepat 1 Juni tanpa tindakan dari Kongres.

Perkiraan tersebut meningkatkan risiko bahwa AS menuju default yang belum pernah terjadi sebelumnya yang akan mengguncang ekonomi global, menambah urgensi baru untuk perhitungan politik di Washington, di mana Demokrat dan Republik sedang bersiap untuk kebuntuan selama berbulan-bulan.

Biden diketahui menelepon Ketua DPR dari Partai Republik Kevin McCarthy di Yerusalem, tempat dia melakukan perjalanan diplomatik, untuk mengundangnya ke pertemuan Gedung Putih 9 Mei. Kedua pemimpin belum duduk untuk membahas masalah ini sejak Februari.

Baca Juga: AS Terancam Default pada 1 Juni 2023, Biden dan McCarthy Akan Bertemu

Biden juga menyampaikan undangan kepada pemimpin DPR Demokrat Hakeem Jeffries, Pemimpin Mayoritas Senat Chuck Schumer, dan pemimpin Republik Mitch McConnell.

Seorang pejabat Gedung Putih mengatakan Biden, yang sebelumnya mengatakan dia tidak akan bertemu McCarthy sama sekali untuk membahas batas utang, akan menekankan bahwa Kongres harus mengambil tindakan untuk menghindari gagal bayar tanpa syarat" pada 9 Mei.

Potensi gagal bayar baru ini, yang memperhitungkan pembayaran pajak April, sebagian besar tidak berubah dari perkiraan sebelumnya, yang dikeluarkan pada Januari, bahwa pemerintah dapat kekurangan uang tunai sekitar 5 Juni.

Namun Yellen menambahkan beberapa ruang gerak, mencatat penerimaan dan pengeluaran federal secara inheren bervariasi. Tanggal sebenarnya bahwa Departemen Keuangan melakukan tindakan luar biasa bisa beberapa minggu lebih lambat dari perkiraan tersebut.

"Tidak mungkin untuk memprediksi dengan pasti tanggal pasti kapan Departemen Keuangan tidak dapat membayar tagihan pemerintah," tulis Yellen dikutip dari Reuters, (2/5).

Setelah mencapai batas pinjaman US$ 31,4 triliun pada 19 Januari, Yellen sebelumnya mengatakan kepada Kongres bahwa Departemen Keuangan akan terus membayar utang, tunjangan federal, dan melakukan pengeluaran lain dengan menggunakan langkah-langkah manajemen kas yang luar biasa.

Baca Juga: Xi Jinping Perketat Kontrol Politik, Larangan Keluar dari China Berlipat Ganda

Salah satu langkah yang diambil Departemen Keuangan adalah menangguhkan penjualan sekuritas yang digunakan pemerintah negara bagian dan lokal untuk menyimpan uang tunai sementara.

Ketidakjelasan Yellen tentang tanggal gagal bayar yang sebenarnya disebabkan oleh beberapa peristiwa fiskal di bulan Juni yang dapat memberi ruang bernapas. Jika Departemen Keuangan dapat melewati pembayaran manfaat awal Juni, itu dapat mengambil uang tunai yang signifikan dari perkiraan pembayaran pajak triwulanan yang jatuh tempo pada 15 Juni, kata para analis.

Kemudian Departemen Keuangan dapat bernafas hingga 30 Juni, ketika ia dapat memanfaatkan pinjaman sebesar US$ 143 miliar dengan menangguhkan investasi kembali sekuritas yang jatuh tempo yang dipegang oleh dana pensiun pemerintah.

Seiring dengan penerimaan pajak, pinjaman itu akan memungkinkannya membayar tagihan hingga Juli.

Analis anggaran Shai Akabas di Pusat Kebijakan Bipartisan mengatakan tenggat waktu yang singkat menggarisbawahi urgensi untuk menemukan solusi atas kebuntuan yang pahit, dan hal itu memupus harapan bahwa Kongres dapat bernegosiasi hingga akhir bulan musim panas.

"bukanlah posisi yang sesuai bagi suatu negara yang dianggap sebagai landasan sistem keuangan, dan hanya menambah ketidakpastian pada ekonomi yang sudah goyah," tambahnya.

Partai Republik telah meloloskan RUU untuk menaikkan batas utang minggu lalu yang mencakup pemotongan tajam untuk pengeluaran dari perawatan kesehatan bagi orang miskin hingga pengontrol lalu lintas udara, yang menurut Senat dan Biden yang dikendalikan Demokrat tidak akan mereka setujui.

Biden dengan tegas mengatakan dia tidak akan bernegosiasi tentang kenaikan pagu utang, tetapi akan membahas pemotongan anggaran setelah batas baru disahkan. Kongres sering kali memasangkan kenaikan plafon utang dengan ukuran anggaran dan pengeluaran lainnya

RUU tersebut akan memangkas insentif pajak untuk energi surya dan menerapkan pemotongan belanja sebesar US$ 4,5 triliun - atau sekitar 22% - dengan imbalan kenaikan batas utang AS sebesar US$ 1,5 triliun.




TERBARU
Kontan Academy
EVolution Seminar Practical Business Acumen

[X]
×