kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45916,01   -19,50   -2.08%
  • EMAS1.345.000 0,75%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Astronot berhasil memotret foto kilatan langka di Bumi dari luar angkasa, apa itu?


Senin, 11 Oktober 2021 / 11:10 WIB
Astronot berhasil memotret foto kilatan langka di Bumi dari luar angkasa, apa itu?
ILUSTRASI. Astronot berhasil memotret foto kilatan langka di Bumi dari luar angkasa, apa itu?


Sumber: CNET | Editor: Arif Budianto

KONTAN.CO.ID - Astronot berhasil memotret peristiwa kilatan langka di Bumi dari luar angkasa. Kilatan tersebut terlihat menakjubkan dan berbeda dari lampu-lampu yang menyala di malam hari.

Bumi sepertinya akan terlihat menarik apabila dilihat dari luar angkasa. Benar saja, seorang astronot berhasil memotret Bumi dari luar angkasa ditambah dengan sebuah kilatan langka yang jarang terlihat. 

Thomas Pesquet, seorang astronot yang sedang mengemban misi di Stasiun Luar Angkasa atau International Space Station (ISS) belum lama ini (8/10/2021) berhasil menangkap momen langka tersebut. Astronot dari Badan Antariksa Eropa atau Europe Space Agency (ESA), mendeksripsikan momen tersebut sebagai peristiwa bercahaya sementara atau "transient luminous event".

Karena lokasinya yang strategis, para astronot yang sedang berada di ISS telah menyaksikan fenomena menakjubkan di luar angkasa. Tidak hanya itu saja, mereka juga menyaksikan sesuatu yang sederhana dan biasa, seperti pesawat terbang di atas pulau.

Bahkan, tidak sedikit astronot yang selama bertahun-tahun telah mengabadikan peristiwa serupa dalam sebuah foto.

Baca Juga: Bukan sembarang objek, benda langit ini dikatakan sebagai asteroid sekaligus komet

Potret kilatan langka di Bumi dari luar angkasa

Seperti foto yang dibagikan oleh Thomas Pesquet ini, ia membagikan kilatan langka tersebut lewat akun Twitter resminya. Menakjubkan, bukan?

Foto tersebut juga diambil oleh astronot ESA lainnya, yakni Andreas Morgensen yang mengambil gambar pertama mereka dari luar angkasa.

Terlepas dari semua itu, apa sebenarnya kilatan yang muncul tersebut? 

Mengutip dari Techtimes, CNET melaporkan bahwa peristiwa bercahaya sementara yang diambil dalam foto tersebut disebabkan oleh petir yang di atmosfer atas.

Dengan sudut pandang yang berbeda, petir terlihat seperti kilatan langka yang terlihat dari luar angkasa.

Pesquet sendiri mengatakan bahwa kejadian tersebut merupakan sangat langka, seperti yang dibagikan lewat akun Twitter resminya tersebut.

"Apa yang menarik dari petir ini adalah bahwa hanya beberapa dekade yang lalu mereka telah diamati secara anekdot oleh pilot dan para ilmuwan tidak yakin mereka benar-benar ada," ujar Pesquet di Flickr dikutip dari CNET.

Bagaimana menurut Anda? Apakah potret langka ini menakjubkan?

Ternyata sebuah peristiwa yang sebenarnya umum di Bumi, bila dilihat dari luar angkasa terlihat menakjubkan.

Selanjutnya: Mengenal hujan meteor Draconid, yang puncaknya terjadi tepat malam ini




TERBARU
Kontan Academy
Supply Chain Management on Sales and Operations Planning (S&OP) Negosiasi & Mediasi Penagihan yang Efektif Guna Menangani Kredit / Piutang Macet

[X]
×