Bak Film Armageddon, NASA Selasa (27/9) Pagi Coba Belokkan Orbit Asteroid

Senin, 26 September 2022 | 23:00 WIB   Reporter: SS. Kurniawan
Bak Film Armageddon, NASA Selasa (27/9) Pagi Coba Belokkan Orbit Asteroid


KONTAN.CO.ID - WASHINGTON. Bak film Armageddon dan Don't Look Up, NASA pada Selasa (27/9) akan mencoba suatu prestasi yang belum pernah manusia capai sebelumnya: membelokkan orbit asteroid.

NASA dengan sengaja akan menabrakkan pesawat ruang angkasa ke asteroid untuk sedikit membelokkan orbitnya, dalam ujian utama kemampuan menghentikan benda-benda kosmik dari kehidupan yang menghancurkan di Bumi.

Mengutip Channel News Asia, pesawat ruang angkasa Uji Pengalihan Asteroid Ganda (DART) meluncur dari California pada November tahun lalu, dan dengan cepat mendekati targetnya, yang akan menyerang dengan kecepatan sekitar 22.500 km/jam.

Yang pasti, baik asteroid moonlet Dimorphos maupun saudara besarnya Didymos, tidak menimbulkan ancaman apa pun saat pasangan itu mengitari Matahari, melewati sekitar 11,3 juta km dari Bumi pada pendekatan terdekat.

Baca Juga: Mengenal Istilah Near-Earth Object (NEO), Benda Langit yang Berada di Sekitar Bumi

Tetapi, NASA menganggap eksperimen itu penting untuk mereka lakukan sebelum menemukan ancaman yang sebenarnya.

Jika semuanya berjalan sesuai rencana, tumbukan antara pesawat ruang angkasa seukuran mobil dan asteroid selebar 160 meter atau setinggi dua Patung Liberty akan terjadi pada Selasa pukul 06:14 WIB.

Anda bisa menyaksikan siaran langsungnya di laman resmi NASA.

Dengan menyerang Dimorphos secara langsung, NASA berharap, bisa mendorongnya ke orbit yang lebih kecil, memangkas sepuluh menit waktu yang asteroid itu butuhkan untuk mengelilingi Didymos, yang saat ini 11 jam dan 55 menit.

Eksperimen pembuktian konsep tersebut akan mewujudkan apa yang sebelumnya hanya manusia coba dalam fiksi ilmiah, terutama film seperti Armageddon dan Don't Look Up.

Editor: S.S. Kurniawan

Terbaru