Banjir bandang dampak Badai Ida terjang AS, sedikitnya 44 orang tewas

Jumat, 03 September 2021 | 14:20 WIB Sumber: Reuters
Banjir bandang dampak Badai Ida terjang AS, sedikitnya 44 orang tewas

ILUSTRASI. Foto udara menunjukkan puluhan rumah yang rusak akibat terendam banjir setelah Badai Ida melanda Louisiana, di Grand Isle, Louisiana, Amerika Serikat, Selasa (31/8/2021). REUTERS/Marco Bello.

KONTAN.CO.ID - NEW JERSEY. Banjir bandang menewaskan sedikitnya 44 orang di empat negara bagian AS saat sisa-sisa Badai Ida menyulut hujan deras yang menyapu mobil, menenggelamkan jalur kereta bawah tanah Kota New York, dan menghentikan penerbangan.

Di seluruh New York, New Jersey, Pennsylvania, dan Connecticut, penduduk menghabiskan hari dengan mengatasi ruang bawah tanah yang tergenang air, pemadaman listrik, atap yang rusak, dan permintaan bantuan dari teman juga anggota keluarga yang terdampar oleh banjir.

Setidaknya 13 orang kehilangan nyawa mereka di New York City, bersama dengan tiga orang di pinggiran Kota Westchester County. Gubernur New Jersey Phil Murphy mengatakan dalam sebuah tweet, setidaknya 23 orang di negara bagiannya tewas dalam badai tersebut.

Melansir Reuters, di antara korban tewas, tiga orang ditemukan tewas di ruang bawah tanah di wilayah Queens, New York City. Sementara empat warga Elizabeth, New Jersey, meninggal di kompleks perumahan umum yang terendam air setinggi 2,4 meter.

Presiden AS Joe Biden menyatakan keadaan darurat di Negara Bagian New Jersey dan New York serta memerintahkan bantuan federal untuk melengkapi upaya penanganan lokal karena kondisi yang dihasilkan dari sisa-sisa Badai Ida, Gedung Putih mengatakan pada Kamis malam.

Baca Juga: PBB: Bencana alam menewaskan 2 juta orang dalam 50 tahun, kerugian US$ 3,64 triliun

Jalan raya berubah menjadi aliran deras seperti sungai dalam hitungan menit saat hujan turun pada Rabu (1/9) malam, menjebak pengemudi di genangan air yang naik dengan cepat. Puluhan kendaraan ditemukan ditinggalkan di jalan raya daerah pada Kamis (2/9). 

Di Somerset County, New Jersey, setidaknya empat pengendara tewas "Sayangnya, beberapa orang meninggal akibat kejadian ini," kata Murphy, seperti dilansir Reuters.

Badan Cuaca Nasional mengonfirmasi dua tornado yang menghancurkan pohon juga melanda Maryland pada Rabu, satu di Annapolis dan satu lagi di Baltimore. 

Kerusakan terjadi tiga hari setelah Ida, salah satu badai paling kuat yang pernah menyerang Gulf Coast, mendarat pada Minggu (29/8) di Louisiana, menghancurkan seluruh komunitas.

Sisa-sisa Badai Ida membawa 15 cm hingga 20 cm curah hujan hujan ke Northeast dari Philadelphia ke Connecticut, dan menjadi curah hujan tertinggi dengan 8 cm per jam, memecahkan rekor Badai Tropis Henri kurang dari dua minggu lalu, Badan Cuaca Nasional mengungkapkan.

Selanjutnya: Kim Jong-un beberkan program pencegahan bencana alam dan wabah Covid-19

Editor: S.S. Kurniawan

Terbaru