kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45920,31   -15,20   -1.62%
  • EMAS1.345.000 0,75%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Bank of England Memicu Reli Saham hingga Obligasi Global


Kamis, 29 September 2022 / 16:05 WIB
Bank of England Memicu Reli Saham hingga Obligasi Global
ILUSTRASI. Bank of England (BoE) secara dramatis telah melakukan intervensi terhadap pasar obligasinya. Leon Neal/Pool via REUTERS


Reporter: Adrianus Octaviano | Editor: Herlina Kartika Dewi

KONTAN.CO.ID - SINGAPURA. Bank of England (BoE) secara dramatis telah melakukan intervensi terhadap pasar obligasinya. Itu berarti setiap aset pendapatan tetap berada di bawah kekuasaan pejabat moneter negara tersebut dalam mode memerangi krisis.

Setelah pembuat kebijakan Inggris menjanjikan putaran baru pembelian utang untuk mencegah kehancuran sistemik, keuntungan mengalir ke perdagangan saham Asia pada hari Kamis, dengan indeks acuan melonjak lebih tinggi di Hong Kong, Jepang dan Australia.

Obligasi dengan tenor 10 tahun menahan sebagian besar kerugiannya pada hari Kamis di Asia. Minyak berfluktuasi dan indeks komoditas naik lebih tinggi sementara Pound melanjutkan penurunannya.

Baca Juga: Di Depan Para Bankir, Menkeu Inggris Tegaskan Komitmen Disiplin Fiskal

Bersama-sama, kenaikan gabungan dari ETF terbesar yang melacak saham AS, Treasuries, obligasi tingkat investasi, kredit imbal hasil tinggi, dan bahan baku mencapai 12% pada hari Rabu, reli bersama terkuat sejak April 2020.

“Pasar mendapat mosi percaya yang dibutuhkan dari Bank of England. Tidak ada model kuantitatif yang bisa melihat ini datang, jadi reposisi setelah peristiwa semacam itu secara alami membuat S&P lebih tinggi.” kata Andrew Lekas, kepala perdagangan FICC di Old Mission Capital seperti dikutip dari Bloomberg, Kamis (29/9).

Pasar obligasi Inggris memperoleh kembali sebagian dari kerugian tahun ini pada hari Rabu, reli dengan rekor 5,6%, menurut indeks Bloomberg dengan data yang merentang ke tahun 1998. Itu membantu catatan pemerintah dan perusahaan secara global menambah keuntungan sebesar 0,8%, terbesar dalam tujuh minggu.

Utang dalam mata uang Sterling masih kehilangan 26% tahun ini, meskipun reli pada hari Rabu.

Pengumuman oleh Menteri Keuangan Inggris Kwasi Kwarteng Jumat lalu tentang pemotongan pajak yang dramatis memicu penurunan aset Inggris di tengah kekhawatiran tentang kemampuan pemerintah untuk mendanai langkah tersebut dan potensinya untuk lebih mempercepat inflasi.

Hanya saja, kekhawatiran tentang inflasi yang tinggi secara historis dan pengetatan moneter lebih lanjut oleh bank sentral termasuk Federal Reserve kemungkinan akan meredam reli yang berkepanjangan.

"Pendorong utama saat ini adalah inflasi dan pengetatan kebijakan moneter bank sentral untuk memerangi inflasi," kata Huw Roberts, kepala analitik di Quant Insight.

Baca Juga: Wall Street Menguat Saat Yield US Treasury Turun Tipis

Reli yang disinkronkan pada hari Rabu sangat kontras dari beberapa hari yang lalu, ketika serangkaian pengetatan bank sentral di seluruh dunia mengguncang pasar keuangan.

Sementara langkah terbaru BOE juga memicu perdebatan tentang jalur kenaikan suku bunga di masa depan dan apakah Fed akan melakukan hal yang sama selama masa tekanan keuangan, kesediaan untuk bergegas menyelamatkan pasar adalah mimpi buruk bagi bearish yang baru saja kembali ke pasar setelah hampir punah oleh pelonggaran bank sentral dalam dekade terakhir.




TERBARU

[X]
×