kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45919,51   10,20   1.12%
  • EMAS1.350.000 0,00%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Bank of Korea: Kebijakan Pengetatan Moneter Belum Berakhir


Kamis, 08 Juni 2023 / 13:17 WIB
Bank of Korea: Kebijakan Pengetatan Moneter Belum Berakhir
ILUSTRASI. Seorang pejabat senior di Bank of Korea mengatakan, bahwa pengetatan moneter bank sentral belum berakhir. REUTERS/Kim Hong-Ji/File Photo GLOBAL BUSINESS WEEK AHEAD


Reporter: Selvi Mayasari | Editor: Herlina Kartika Dewi

KONTAN.CO.ID - SEOUL. Pejabat senior di Bank of Korea mengatakan, bahwa pengetatan moneter bank sentral belum berakhir.

Dikutip dari Reuters, Deputi Gubernur Lee Sang-hyeong mengatakan masih terlalu dini untuk meredakan inflasi dan bank sentral akan terus menilai apakah kenaikan suku bunga tambahan diperlukan.

Bank sentral Korea Selatan memperingatkan bahwa pergeseran awal dalam sikap kebijakan moneternya dapat menambah tekanan pada mata uang lokal, sebuah risiko yang perlu ditangani dengan baik.

Bank sentral mengatakan, ketidakpastian inflasi yang tinggi, akumulasi ketidakseimbangan keuangan, dan risiko kredit yang terkait dengan pasar real estat adalah beberapa masalah yang perlu dipertimbangkan sebelum membuat perubahan kebijakan moneter.

Baca Juga: Bank of Korea Holds Fire Again on Rates, Trims Growth Forecast

"Kenaikan suku bunga lebih lanjut oleh Federal Reserve AS atau pergeseran awal dalam sikap kebijakan domestik dapat meningkatkan tekanan pada mata uang lokal," kata Bank of Korea (BOK) dalam laporan kebijakan moneter triwulanan yang diserahkan ke parlemen.

BOK mempertahankan suku bunga stabil untuk pertemuan ketiga berturut-turut bulan lalu, setelah kenaikan 300 basis poin dalam dua tahun hingga Januari, tetapi juga mengisyaratkan pengetatan mungkin tidak dilakukan.

BOK mengatakan, suku bunga kebijakan saat ini sebesar 3,50%, tertinggi sejak akhir 2008, berada pada tingkat yang terbatas, tetapi sedikit di atas kisaran netral.

Namun, bank sentral mengatakan tingkat pembatasan telah berkurang secara signifikan tahun ini dengan penurunan tajam suku bunga di pasar keuangan lokal.

Volatilitas won meningkat di atas rata-rata jangka panjangnya sejak awal tahun lalu setelah kenaikan suku bunga Fed, melampaui volatilitas sebagian besar mata uang lainnya sejak Agustus dengan tingkat yang signifikan, kata laporan itu.

"Faktor domestik seperti defisit perdagangan baru-baru ini memicu peningkatan volatilitas," kata laporan tersebut.

Baca Juga: Jepang Siapkan US$ 26 Miliar untuk Mengatasi Resesi Seks, Utang Bisa Membengkak

Won melemah 3% terhadap dolar AS sepanjang tahun ini, menyusul penurunan 6% pada tahun 2022, ketika mata uang Korea Selatan itu pernah menyentuh level terendah dalam 14 tahun. 

Sebaliknya, indeks dolar naik 0,4% sepanjang tahun ini dan 8,2% pada 2022.

BOK mengatakan ketidakpastian masih tinggi mengenai seberapa cepat inflasi akan mereda, hal ini mengutip harga inti yang lebih kaku ke arah negatif dan menunda kenaikan harga utilitas publik.

Pasar real estat tetap dinilai terlalu tinggi, kata bank sentral, menambahkan bahwa tren penurunan harga rumah melemah tahun ini, dengan pulihnya pinjaman hipotek karena peraturan yang dilonggarkan.




TERBARU
Kontan Academy
Success in B2B Selling Omzet Meningkat dengan Digital Marketing #BisnisJangkaPanjang, #TanpaCoding, #PraktekLangsung

[X]
×