kontan.co.id
| : WIB | INDIKATOR |

Bank Sentral Eropa siap bertindak lebih jauh jika perlambatan ekonomi memburuk


Rabu, 12 Juni 2019 / 20:29 WIB

Bank Sentral Eropa siap bertindak lebih jauh jika perlambatan ekonomi memburuk


KONTAN.CO.ID - PARIS. Pembuat kebijakan European Central Bank (ECB) Franois Villeroy de Galhau menyatakan Bank Sentral Eropa siap untuk mengambil tindakan lebih lanjut jika penurunan ekonomi saat ini memburuk, meski bank sentral tak bisa bertindak sendiri untuk menjaga ekonomi tetap kuat.

Mengutip Reuters Rabu (12/6), Villeroy yang juga Gubernur Bank of France mengatakan bahwa ketidakpastian atas ketegangan perdagangan antara Amerika Serikat dan China adalah ancaman terbesar bagi ekonomi global

Selama inflasi tidak memenuhi target ECB, kata Villeroy, maka bank sentral harus menjaga kebijakan moneter aktif dan akomodatif selama diperlukan.

"Jika perlambatan saat ini menjadi nyata, kami dapat melakukan lebih dari yang kami lakukan saat ini," ujar Villeroy kepada saluran televisi Prancis CNews seperti dikutip Reuters Rabu (12/6).

Dia menambahkan, bagaimanapun, terserah politisi menyelesaikan ketidakpastian yang diciptakan oleh ketegangan perdagangan dan bahwa bank sentral tidak dapat melakukan segalanya untuk menjaga pertumbuhan ekonomi yang kuat.

"Mereka sementara dapat melemahkan konsekuensi dari ekonomi global yang lemah, tetapi tidak bisa mengurus penyebabnya," katanya.


Sumber : Reuters
Video Pilihan


Close [X]
×