kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45985,97   -4,40   -0.44%
  • EMAS1.249.000 2,21%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Begini cara Finlandia jadi negara paling bahagia di dunia, bisakah Indonesia tiru?


Senin, 22 Maret 2021 / 09:03 WIB
Begini cara Finlandia jadi negara paling bahagia di dunia, bisakah Indonesia tiru?
ILUSTRASI. Taman kota Helsinki, Finlandia. REUTERS/Ints Kalnins/File Photo


Sumber: Kompas.com | Editor: Barratut Taqiyyah Rafie

KONTAN.CO.ID - HELSINKI. Negara Finlandia dikenal sebagai negara yang rasa makanannya hambar. Tak hanya itu, musim dingin di Finlandia berlangsung lama serta ekstrem. Orang-orang Finlandia pun biasanya pendiam, cenderung melankolis, dan tak suka disorot banyak orang. 

Namun, siapa sangka negeri yang juga terkenal dengan ponsel Nokia-nya ini sudah empat kali beruntun dinobatkan sebagai negara paling bahagia di dunia? 

Ya, kesuksesan berulang Finlandia negara paling bahagia di dunia membantu mereka mengubah reputasi global, dan meningkatkan pariwisata serta bisnis. 

Melansir pemberitaan AFP pada Sabtu (20/3/2021), berikut adalah kunci-kunci Finlandia menjadi negara paling bahagia sedunia. 

Baca Juga: Inilah 20 negara paling bahagia 2018-2020, Finlandia rangking 1, Indonesia?

1. Fasilitas publik kelas dunia, percaya penuh pada pemerintah 

Finlandia memiliki keunggulan di fasilitas publik kelas dunia, tingkat kejahatan rendah, kesenjangan sosial yang tak terlalu jauh, dan kepercayaan tinggi pada pemerintah. 

"Dasar-dasarnya sangat bagus di sini. Tidak ada seorang pun yang hidup di jalanan, kami memang ada pengangguran tetapi layanan kesehatan berfungi, sebagian besar seperti itu," kata Ritta Matilainen, seorang penjual bunga, kepada AFP. 

Musim dingin yang panjang dan gelap di Finlandia sempat dianggap penyebab tingginya kecanduan alkohol dan angka bunuh diri. Akan tetapi, selama lebih dari 10 tahun terakhir fasilitas kesehatan masyarakat sangat membantu menurunkan jumlah kasusnya sampai lebih dari separuh. 

Baca Juga: Berkongsi, 6 negara Eropa bangun rudal pencegat 5 kali kecepatan suara

2. Alami, baik di makanan maupun pemandangan 

Masakan Finlandia yang hambar dan tampilannya yang biasa pernah diejek sebagai sesuatu yang harus ditahan Perdana Menteri Italia Silvio Berlusconi ketika menjabat dan berkunjung ke sana, serta Jacques Chirac kala masih memimpin Perancis. 

Namun, para pemilik restoran dan produsen barang sekarang memuji kesederhanaan dan bahan-bahan alami masakan Finlandia. Menurut mereka, itu adalah kunci negara di utara Eropa tersebut untuk menuju kesejahteraan. 

Kunci lain dari kebahagiaan Finlandia adalah keluar ruangan dan bisa langsung menikmati hutan, ribuan danau, pemandian air panas tradisional, dan sauna. 




TERBARU
Kontan Academy
Mastering Financial Analysis Training for First-Time Sales Supervisor/Manager 1-day Program

[X]
×