kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • EMAS 1.405.000   -9.000   -0,64%
  • USD/IDR 15.370
  • IDX 7.722   40,80   0,53%
  • KOMPAS100 1.176   5,28   0,45%
  • LQ45 950   6,41   0,68%
  • ISSI 225   0,01   0,00%
  • IDX30 481   2,75   0,57%
  • IDXHIDIV20 584   2,72   0,47%
  • IDX80 133   0,62   0,47%
  • IDXV30 138   -1,18   -0,84%
  • IDXQ30 161   0,48   0,30%

Begini Hasil KTT G20 Menurut Para Pemimpin Negara


Kamis, 17 November 2022 / 13:38 WIB
Begini Hasil KTT G20 Menurut Para Pemimpin Negara
ILUSTRASI. Perhelatan Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) 20 berhasil di gelar di Bali pada 15-16 November lalu.. REUTERS/Kevin Lamarque/Pool


Reporter: Maizal Walfajri | Editor: Handoyo .

KONTAN.CO.ID - BEIJING. Perhelatan Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) G20 berhasil di gelar di Bali pada 15-16 November lalu. Pada pertemuan G20 ini, Xi Jinping muncul ke ranah internasional dari tiga tahun melakukan isolasi pandemi. 

Ini memberikan kesempatan kepada presiden Prancis, Emmanuel Macron, dan perdana menteri Australia, Anthony Albanese, di antara mereka yang ingin mendapatkan kesempatan ngobrol dan berfoto dengan pemimpin China itu.

Terlepas dari kecaman atas pelanggaran hak asasi manusia China dan kecemasan atas niatnya di Selat Taiwan, nada positif yang ditetapkan oleh hubungan bilateral Xi dengan Presiden AS Joe Biden berlanjut hingga akhir KTT.

Gelaran ini juga menjadi kesempatan bagi rekan-rekan Xi untuk menyampaikan keluhan mereka secara langsung. Albanese  yang bertemu Xi pertama kali pada 2016, menggambarkan pertemuan mereka sebagai positif dan konstruktif.

Baca Juga: Isu Perang Rusia-Ukraina Jadi Bahasan Alot di KTT G20 Bali

Mereka membahas isu penahanan warga negara Australia Cheng Lei dan Yang Hengjun. Serta pelanggaran hak asasi manusia terhadap penduduk Uyghur di Xinjiang .

Macron, meminta Xi untuk membujuk Putin agar segera mengakhiri perang di Ukraina. Bahkan orang nomor satu di Prancis ini berencana mengunjungi China tahun depan, jika pembatasan Covid-19 mengizinkan.

Xi dan perdana menteri Jepang, Fumio Kishida, akan mengadakan pembicaraan tatap muka pertama mereka pada hari Kamis. KTT tersebut didominasi oleh geopolitik, yang membuat jengkel tuan rumah Indonesia, yang menginginkan fokus pada ketahanan pangan dan energi serta krisis iklim.

Pada hari Rabu, G20 dengan cepat menjadi pertemuan ad hoc G7, ketika para pemimpin berkumpul untuk membahas tanggapan mereka terhadap berita bahwa rudal buatan Rusia telah mendarat di Polandia, menewaskan dua orang di dekat perbatasan negara itu dengan Ukraina.

Pernyataan bersama Bali yang dikeluarkan pada hari Rabu tidak melampaui kata-kata hampa. Mengenai darurat iklim, para pemimpin G20 hanya mengatakan bahwa mereka telah memutuskan untuk mengejar upaya untuk membatasi kenaikan suhu global hingga 1,5C. T ermasuk mempercepat upaya untuk mengurangi penggunaan batu bara secara terus-menerus.

Berbeda dengan Xi, pertemuan di Bali lebih jauh mengisolasi Vladimir Putin, yang mengirim menteri luar negerinya, Sergei Lavrov, untuk bertindak sebagai kantong diplomatik setelah beberapa hari perkembangan dramatis di Ukraina, termasuk penarikan Rusia dari Kherson.

Baca Juga: Kerawanan Pangan Jadi Perhatian Khusus G20, Beragam Inisiatif Kebijakan Disiapkan

Lavrov tetap di kursinya sementara Volodymyr Zelenskiy dengan tegas merujuk pada “G19” G20 minus Rusia dalam sebuah pidato video. Lavrov meninggalkan Bali pada Selasa malam sebelum KTT berakhir.

Bahkan sekutu tradisional Rusia, India dan China, tampak menjauhkan diri dari Kremlin, sementara deklarasi hari Rabu mengutuk agresi Rusia di Ukraina "dalam istilah terkuat" dan menuntut penarikan tanpa syarat.

“Sebagian besar anggota mengutuk keras perang di Ukraina,” kata deklarasi G20 Bali. Ini menandakan bahwa Rusia, yang merupakan anggota G20, menentang kata-kata tersebut. Posisi yang diambil oleh China dan India tidak segera jelas.

Pertemuan bilateral yang paling ditunggu-tunggu terjadi bahkan sebelum KTT berlangsung. Pertemuan pertama Biden sebagai presiden dengan Xi menunjukkan bahwa pengaturan ulang hubungan antara dua negara adidaya yang diikuti oleh pejabat Gedung Putih telah dimulai.

Biden berusaha menenangkan saraf regional dengan menyatakan bahwa dia tidak punya alasan untuk percaya bahwa invasi China ke Taiwan sudah dekat. Tetapi tidak menghindar untuk mengutuk manuver militer provokatif Beijing di sekitar pulau musim panas ini. Namun, dia menenangkan Xi dengan jaminan bahwa Washington tidak menyimpang dari kebijakan "satu China".

Akun resmi China menggambarkan pembicaraan itu sebagai menyeluruh, jujur, dan konstruktif. Ia menambahkan bahwa pejabat dari kedua pemerintah akan membangun area konsensus yakni sebuah langkah maju dibandingkan dengan kebencian beberapa bulan terakhir.

Baca Juga: Usai KTT G20, Presiden Jokowi Blusukan Cek Harga Bahan Pangan di Pasar Badung

Pendahulu Rishi Sunak diakui telah menetapkan standar yang sangat rendah, tetapi debut diplomatiknya cukup sukses. Meskipun ada krisis yang membayangi di dalam negeri – atas tuduhan intimidasi oleh Dominic Raab dan Gavin Williamson, keresahan atas pernyataan musim gugur yang sangat keras dari Jeremy Hunt, dan kritik atas penanganan pemerintahnya terhadap penyeberangan selat migran dan pengungsi. Sunak baru saja lulus tes kebijakan luar negeri besar pertamanya. 

Kecamannya yang keras atas invasi Rusia ke Ukraina  dan tatapan yang dia tujukan pada Lavrov  akan diterima dengan baik di Kyiv.

Pertemuan yang direncanakan Sunak dengan Xi dibatalkan karena kendala waktu, tetapi keinginannya untuk bertemu dengan pemimpin China ditafsirkan sebagai penyimpangan dari pendekatan garis keras Truss ke Beijing, dan sesuai dengan nada KTT yang tidak terlalu konfrontatif terhadap ekonomi terbesar kedua di dunia. 




TERBARU

[X]
×