kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45920,31   -15,20   -1.62%
  • EMAS1.347.000 0,15%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Begini penampakan virus corona yang peneliti AS rilis


Jumat, 14 Februari 2020 / 16:23 WIB
Begini penampakan virus corona yang peneliti AS rilis
ILUSTRASI. Gambar mikroskop elektron pemindai ini menunjukkan virus corona Wuhan atau Covid-19 (kuning) di antara sel manusia (merah). Sampel virus diambil dari seorang pasien AS yang terinfeksi. Para ahli menambahkan gambar agar lebih tampak.


Reporter: kompas.com | Editor: S.S. Kurniawan

KONTAN.CO.ID - Gambar virus corona baru, yang sudah menginfeksi lebih dari 60.000 orang dan menewaskan hampir 1.500 orang, dirilis untuk pertama kalinya, Kamis (13/2).

Rocky Mountain Laboratories (RML) di Institut Nasional Alergi dan Penyakit Menular, Montana, Amerika Serikat (AS), mengungkap beberapa gambar pertama Covid-19.

Info saja, virus adalah gumpalan infeksi kecil yang terbuat dari DNA atau RNA, dan terbungkus dalam mantel protein. Virus terlalu kecil untuk dilihat oleh mikroskop cahaya tipikal.

Baca Juga: Pariwisata Bali merugi hingga Rp 1 triliun akibat virus corona

Melansir Live Science, para peneliti di RML mencitrakan sampel virus dan sel dari pasien AS yang terinfeksi Covid-19. Mereka mengamati virus tersebut dengan menggunakan dua jenis mikroskop resolusi tinggi, yakni mikroskop elektron pemindai dan mikroskop elektron transmisi.

Kedua mikrosop tersebut menggunakan sorotan elektron yang lebih fokus dibanding sorotan cahaya. Setelah itu, ahli kemudian menambahkan warna pada gambar virus yang ditemukan.

"Dari gambar yang didapat, tampak Covid-19 mirip dengan virus corona Sindrom Pernapasan Timur Tengah (MERS-CoV) yang muncul 2012 dan virus corona Sindrom Pernapasan Akut (SARS-CoV) yang muncul 2002," sebut peneliti RML dalam pernyataan resminya.

Baca Juga: Akibat wabah virus corona, Dorna was-was gelar MotoGP di Thailand

Penampakan yang mirip itu karena ketiga virus tersebut berasal dari keluarga yang sama: virus corona. Nama ini berasal dari bentuk virus yang menyerupai mahkota. Kata corona dalam bahasa Latin berarti mahkota.

Penulis: Gloria Setyvani Putri

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Gambar Virus Corona Wuhan Covid-19 Dirilis, Begini Penampakannya"




TERBARU
Kontan Academy
Supply Chain Management on Sales and Operations Planning (S&OP) Negosiasi & Mediasi Penagihan yang Efektif Guna Menangani Kredit / Piutang Macet

[X]
×