kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45893,43   -4,59   -0.51%
  • EMAS1.308.000 -0,76%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Beijing Suram, Beralih dari Kemarahan Kebijakan Nol-COVID Jadi Kecemasan Atasi Corona


Senin, 12 Desember 2022 / 05:52 WIB
Beijing Suram, Beralih dari Kemarahan Kebijakan Nol-COVID Jadi Kecemasan Atasi Corona


Sumber: Reuters | Editor: Barratut Taqiyyah Rafie

KONTAN.CO.ID - BEIJING. Ibu kota China, Beijing, masih tampak suram akibat COVID-19. Bahkan kesuraman COVID-19 Beijing semakin dalam pada hari Minggu (11/12/2022) dengan banyaknya toko dan bisnis lainnya yang ditutup. 

Melansir Reuters, seorang ahli penyakit menular memperingatkan ribuan kasus virus corona baru karena kemarahan atas kebijakan COVID China sebelumnya digantikan oleh kekhawatiran tentang mengatasi infeksi.

Seperti yang diberitakan sebelumnya, China mencabut sebagian besar pembatasan COVID yang ketat pada hari Rabu setelah aksi protes yang belum pernah terjadi sebelumnya terhadap mereka bulan lalu. Akan tetapi, kota-kota yang sudah berjuang melawan wabah paling parah, seperti Beijing, mengalami penurunan tajam dalam aktivitas ekonomi setelah aturan seperti pengujian reguler dibatalkan.

Bukti menunjukkan bahwa banyak bisnis terpaksa ditutup karena pekerja yang terinfeksi harus dikarantina di rumah. Sementara, banyak warga lain memutuskan untuk tidak keluar karena risiko infeksi yang lebih tinggi.

Zhong Nanshan, seorang ahli epidemiologi Tiongkok terkemuka, mengatakan kepada media pemerintah bahwa jenis virus Omicron yang lazim di Tiongkok sangat mudah menular. Dan satu orang yang terinfeksi dapat menyebarkannya ke 18 orang lainnya.

Baca Juga: Pedagang Obat di China Dilarang Naikkan Harga di Tengah Kekhawatiran Lonjakan COVID

"Kita bisa melihat ratusan ribu atau puluhan ribu orang terinfeksi di beberapa kota besar," kata Zhong.

Dengan dibatalkannya tes COVID reguler terhadap penduduk Beijing dan hanya diperuntukkan bagi kelompok seperti petugas kesehatan, penghitungan resmi untuk kasus baru telah anjlok.

Otoritas kesehatan melaporkan 1.661 infeksi baru untuk Beijing pada Sabtu, turun 42% dari 3.974 pada 6 Desember, sehari sebelum kebijakan nasional dilonggarkan secara dramatis.

Tetapi bukti menunjukkan ada lebih banyak kasus di kota berpenduduk hampir 22 juta orang di mana semua orang tampaknya mengenal seseorang yang telah tertular COVID.

"Di perusahaan saya, jumlah orang yang negatif COVID mendekati nol," kata seorang wanita yang bekerja di perusahaan pariwisata dan acara di Beijing yang meminta untuk diidentifikasi hanya sebagai Nancy.

"Kami menyadari ini tidak dapat dihindari - semua orang harus bekerja dari rumah," katanya.

Baca Juga: Yang Ditunggu-tunggu, China Umumkan Pelonggaran Pembatasan COVID-19 Secara Nasional




TERBARU

[X]
×