kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45923,49   -7,86   -0.84%
  • EMAS1.319.000 -0,08%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Belanda laporkan kasus pertama virus corona pada anjing


Sabtu, 16 Mei 2020 / 09:09 WIB
Belanda laporkan kasus pertama virus corona pada anjing
ILUSTRASI. Kasus virus corona di Belanda


Sumber: Kompas.com | Editor: Anna Suci Perwitasari

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Pemerintah Belanda mengumumkan kasus pertama pada seekor anjing yang positif tertular virus corona. Negeri Tulip ini juga melaporkan adanya infeksi pada tiga ekor kucing. 

Meski begitu, mereka menekankan peluang kontaminasi dari hewan sangatlah kecil. Menteri Pertanian Belanda Carola Schouten menyatakan, anjing jenis bulldog berusia delapan tahun itu milik pasien positif virus corona. 

Dilansir AFP, Jumat (15/5), diyakini anjing itu terinfeksi dari si pemilik, dan dilaporkan terpaksa dimatikan pada akhir April. 

Baca Juga: Jumlah kasus baru virus corona di Jerman menurun dalam lima hari berturut-turut

Adapun tiga ekor kucing yang terpapar Covid-19 itu ditemukan di peternakan cerpelai, yang sebelumnya sudah mengumumkan penularan positif bulan lalu. 

"Dari semua kasus yang ada, kami menyadari bahwa binatang peliharaan ini tidak akan menginfeksi manusia," kata Schouten dikutip ANP. 

Malah, lanjut dia, justru manusia yang bisa menularkan nya ke hewan. Karena itu, si pemilik yang sudah punya gejala menghindari kontak. Di antaranya adalah memeluk dan membiarkan binatang peliharaan menjilat pemiliknya, dan membuat mereka berisiko terkena virus. 

Kasus penularan Covid-19 dari manusia ke hewan peliharaan mereka tidak hanya ditemukan di Belanda, namun juga tempat lain di seluruh dunia. 

Sebelumnya, pemerintah di Hong Kong sudah mendapatkan konfirmasi laporan bahwa ada dua ekor anjing yang positif terinfeksi corona. Kemudian kasus penularan lainnya juga terjadi, seperti kucing yang terinfeksi di Belgia, dan harimau di kebun binatang Bronx, AS. 

Baca Juga: Italia buka perbatasan, perjalanan ke dan dari luar negeri diizinkan mulai 3 Juni

Semua hewan itu diyakini terpapar virus dengan nama resmi SARS-Cov-2 dan pertama kali terdeteksi di Wuhan, China itu dari manusia. 

Adapun Negeri "Kincir Angin" mencatatkan 43.43.681 kasus infeksi pada manusia, dengan 5.643 di antaranya dinyatakan meninggal. (Ardi Priyatno Utomo)

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Kasus Pertama di Belanda, Seekor Anjing Tertular Virus Corona".




TERBARU
Kontan Academy
EVolution Seminar Supply Chain Management on Sales and Operations Planning (S&OP)

[X]
×