kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45910,13   8,73   0.97%
  • EMAS1.354.000 1,65%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Berkat Alibaba, Saham Softbank Melonjak 5,6% di Hari Ini


Rabu, 29 Maret 2023 / 12:52 WIB
Berkat Alibaba, Saham Softbank Melonjak 5,6% di Hari Ini
ILUSTRASI. Saham SoftBank melonjak usai Alibaba berencana lakukan perombakan


Reporter: Adrianus Octaviano | Editor: Anna Suci Perwitasari

KONTAN.CO.ID - TOKYO. Saham SoftBank Group Corp melonjak setelah konglomerat e-commerce China Alibaba Group mengumumkan rencana restrukturisasi besar-besaran. Softbank memiliki 13,7% saham di Alibaba.

Mengutip Reuters, saham SoftBank naik 5,6% dalam perdagangan sesi ini. Dan ini menjadi persentase kenaikan terbesar dalam lima bulan. Di sisi lain, saham Alibaba naik 13,2%.

Seperti diketahui, Alibaba berencana untuk membagi bisnisnya menjadi enam unit dan mengeksplorasi penggalangan dana atau daftar untuk sebagian besar dari mereka, dalam restrukturisasi terbesar dalam 24 tahun sejarahnya.

Analis SBI Securities, Shinji Moriyuki, mengatakan perpecahan itu mungkin akan mencegah pengawasan pemerintah China terhadap operasi Alibaba yang mempengaruhi anggota grup lainnya.

Baca Juga: Rencana Alibaba Bikin Saham Perusahaan Teknologi China Menguat

Tindakan keras China yang belum pernah terjadi sebelumnya dalam beberapa tahun terakhir terhadap perusahaan domestik terutama di sektor internet, pendidikan swasta, dan properti telah menghapus miliaran nilai pasar dan membebani sentimen investor.

"Investor mengambil hati dari rasa ketidakpastian atas Alibaba yang telah sedikit mereda ada diskon tertentu untuk saham SoftBank mengingat arah sektor internet China yang tidak jelas," kata Moriyuki.

Direktur Manajemen Aset Ichiyoshi Mitsushige Akino mengatakan bahwa investor mengejar SoftBank lebih tinggi mengingat lonjakan saham Alibaba, tetapi masih terlalu dini untuk mengatakan apakah perombakan tersebut akan membawa pertumbuhan yang langgeng ke perusahaan China.

"Saya tidak yakin apakah kenaikan 5% (dalam saham SoftBank) dapat dibenarkan. Saya yakin pesanan beli, termasuk short covering, dilakukan sebagai tanggapan terhadap faktor baru ini untuk diperdagangkan. Kami hanya harus menunggu dan melihat bagaimana ini benar-benar berhasil," kata Akino.

Baca Juga: Alibaba Group Memecah Perusahaan Menjadi Enam Unit Bisnis

Alibaba mengatakan pada hari Selasa akan dibagi menjadi enam unit - Cloud Intelligence Group, Taobao Tmall Commerce Group, Local Services Group, Cainiao Smart Logistics Group, Global Digital Commerce Group dan Digital Media and Entertainment Group.

Alibaba sendiri akan mengatur ulang struktur perusahaan induk, dengan Daniel Zhang mempertahankan posisinya sebagai CEO grup, dan dengan CEO dan dewan yang terpisah untuk masing-masing dari enam sub-divisi.




TERBARU
Kontan Academy
Success in B2B Selling Omzet Meningkat dengan Digital Marketing #BisnisJangkaPanjang, #TanpaCoding, #PraktekLangsung

[X]
×