kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45891,58   -16,96   -1.87%
  • EMAS1.358.000 -0,37%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Berkshire Benamkan Investasi di Atlanta Braves, Lego Saham di General Motors


Rabu, 15 November 2023 / 11:01 WIB
Berkshire Benamkan Investasi di Atlanta Braves, Lego Saham di General Motors
ILUSTRASI. Berkshire Hathaway CEO Warren Buffett talks to reporters prior to the Berkshire annual meeting in Omaha, Nebraska May 2, 2015. REUTERS/Rick Wilking


Sumber: Yahoo Finance,Reuters | Editor: Noverius Laoli

KONTAN.CO.ID - NEW YORK. Berkshire Hathaway, konglomerat yang dijalankan investor kawakan Warren Buffett, pada hari Selasa mengatakan telah melakukan investasi kecil di perusahaan yang secara tidak langsung memiliki tim bisbol Atlanta Braves, dan menghilangkan kepemilikannya di General Motors dan Procter & Gamble.

Mengutip Reuters, perubahan tersebut diungkapkan dalam pengajuan peraturan yang merinci kepemilikan saham Berkshire yang terdaftar di AS, yang mencakup sebagian besar portofolio ekuitasnya senilai US$ 318,6 miliar, pada 30 September.

Berkshire menjual US$ 7 miliar saham dan hanya membeli US$ 1,7 miliar pada kuartal ketiga, periode penurunan kepemilikan saham yang dipimpin oleh Apple yang harga sahamnya turun 12%.

Baca Juga: Sektor yang Paling Dilirik Warren Buffett untuk Menanamkan Modalnya

Melansir Yahoo Finance, Berkshire Hathaway mengatakan pada hari Selasa bahwa pihaknya telah melepaskan kepemilikannya di General Motors dan Procter & Gamble, dan memangkas kepemilikannya di Amazon.com, ketika konglomerat yang dikendalikan oleh miliarder Warren Buffett meningkatkan jumlah uang tunai ke rekor US$ 157,2 miliar.

Dalam pengajuan peraturan yang merinci kepemilikan sahamnya yang terdaftar di AS pada 30 September, Berkshire melaporkan tidak ada kepemilikan di GM dan P&G, setelah melaporkan kepemilikan saham sebesar US$ 848 juta dan $48 juta pada bulan Juni, dan mengatakan pihaknya mengurangi kepemilikannya di Amazon sebesar 5%.

Berkshire juga tampaknya telah melepaskan sahamnya senilai US$ 621 juta di Celanese, sebuah perusahaan material khusus.

Salah satu posisi baru adalah saham senilai US$ 8 juta di Atlanta Braves Holdings, yang secara tidak langsung mengendalikan tim Major League Baseball dan The Battery Atlanta, sebuah pengembangan serba guna di sebelah Braves' Truist Park.

The Braves telah dipisahkan dari Liberty Media, investasi Berkshire lainnya, pada bulan Juli.

Baca Juga: Kali Ini Robert Kiyosaki Tak Sebut Bitcoin, Ini 4 Alat untuk Kaya Raya Menurutnya

Pengajuan rincian investasi pada hari Selasa yang mencakup sebagian besar portofolio ekuitas Berkshire yang berbasis di Omaha, Nebraska, berjumlah US$ 318,6 miliar pada 30 September.

Berkshire menjual saham senilai US$ 7 miliar, termasuk beberapa investasi besarnya di Chevron, dan hanya membeli US$ 1,7 miliar pada kuartal ketiga, periode penurunan kepemilikan sahamnya yang dipimpin oleh Apple, yang harga sahamnya turun 12%.

Sepanjang tahun 2023, Berkshire telah menjual saham senilai US$ 23,6 miliar lebih banyak daripada yang dibelinya.

Penjualan bersih ini berkontribusi pada rekor kepemilikan tunai Berkshire, yang kira-kira sama besarnya dengan kepemilikan sahamnya di pembuat iPhone, Apple, senilai US$ 156,8 miliar.

Pengajuan Berkshire tidak menyebutkan investasi mana yang merupakan milik Buffett, investasi mana yang berasal dari manajer portofolionya Todd Combs dan Ted Weschler, dan mengapa investasi tersebut dilakukan.

Investasi yang lebih besar biasanya dilakukan oleh Buffett, dan investor sering kali mencoba untuk mendukung perdagangan Berkshire, yang mencerminkan reputasi Buffett sebagai salah satu investor terbesar di dunia.

Baca Juga: Ini Cara Menghasilkan Uang saat Anda Tidur Seperti Warren Buffett

Untuk itu, Berkshire memutuskan untuk tidak mengungkapkan satu atau lebih kepemilikannya, dan mengatakan pihaknya telah meminta Komisi Sekuritas dan Bursa AS untuk menjaga kerahasiaannya.

Berkshire kadang-kadang meminta perlakuan seperti itu untuk investasi besar, termasuk kepemilikan bernilai miliaran dolar di IBM dan Exxon Mobil lebih dari satu dekade lalu. Tampaknya keduanya bukanlah investasi Berkshire saat ini.

Dalam penjualan kuartal ketiga lainnya, Berkshire menyelesaikan keluarnya pembuat video game Activision Blizzard, yang dibeli oleh Microsoft bulan lalu, dan mengurangi kepemilikannya di perusahaan asuransi jiwa Globe Life.

Berkshire juga melepaskan sekitar dua pertiga sahamnya di Markel Group, sebuah perubahan penting mengingat beberapa investor dalam beberapa tahun terakhir memandang perusahaan asuransi dan investasi tersebut sebagai "mini-Berkshire".

Baca Juga: Warren Buffett Sarankan Investor Beli Saham Bank, Ini Alasan Utamanya

Buffett, 93 tahun, telah menjalankan Berkshire sejak 1965.

Konglomeratnya juga memiliki lusinan bisnis termasuk perusahaan asuransi mobil Geico, perusahaan kereta api BNSF, perusahaan energi dan industri, serta merek konsumen seperti Benjamin Moore, Dairy Queen, Duracell, Fruit of the Loom, dan See's Candies.




TERBARU
Kontan Academy
Success in B2B Selling Omzet Meningkat dengan Digital Marketing #BisnisJangkaPanjang, #TanpaCoding, #PraktekLangsung

[X]
×