kontan.co.id
| : WIB | INDIKATOR |

Bermain tenis meja untuk mengasah strategi bisnis (4)


Minggu, 06 Oktober 2019 / 10:50 WIB

Bermain tenis meja untuk mengasah strategi bisnis (4)

He Xiaopeng sukses membangun mobil listrik. Salah satu kesuksesannya terbentuk saat meniru Ellon Musk, pemilik Tesla. Ia dengan terang-terangan mengaku meniru paten milik Tesla yang memang dibuka ke publik untuk membangun kendaraan listrik. Xiaopeng juga mengasah strategi berbisnis dari bermain tenis meja. Tak heran, strategi keluar dari Alibaba dan membangun Xpeng Motors menjadi jitu karena menjadikannya sebagai miliarder.

Bos XPeng Motors yang juga miliarder dunia He Xiaopeng punya kegemaran bermain tenis meja alias ping pong. Bagi Xiaopen, olahraga tenis meja ini juga berguna bagi pebisnis untuk mengasah strategi mengahadapi pasar yang ketat.

"Ping pong merupakan olahraga strategi. Dengan bermain ping pong, saya dapat melihat kekuatan maupun kelemahan lawan saya, dan pada akhirnya membuat permainan saya semakin baik," kata dia dalam sebuah wawancara dengan South China Morning Post, belum lama ini.

Hal tersebut juga menjadi karakternya dalam melakukan bisnis. Sabar memantau pasar untuk meluncurkan produk guna memastikan produk yang dirilis memiliki kualitas mumpuni. Ini pula yang ia lakukan saat membangun XPeng Motors.

XPeng Motors mulai dibangun pada tahun 2014 oleh Xiaopeng. Tak lama setelah ia menjual perusahaanya UC Web kepada Alibaba inc. Namun, Xiaopeng baru benar-benar menggarap XPeng Motor tahun 2017. Sepanjang tahun 2014 hingga 2017 XPeng Motors cuma melakukan riset dan pengembangan produk.

Sebagai catatan, Xiaopeng juga mengaku pendirian XPeng Motor juga terinspirasi oleh Elon Musk yang juga pada 2014 membebaskan 200 paten Tesla Motor Inc untuk digunakan publik. Ia juga mengaku memang terobsesi dengan Tesla dan Musk. Dan memang mengunakan paten-paten Tesla yang bersifat publik untuk mengembangkan XPeng Motors.

Pada 2017, setelah XPeng Motors siap merilis produk ia teguh untuk meninggalkan kursi eksekutif di Alibaba yang ia dapat dari penjualan UC Web. Tak lama setelahnya, XPeng Motors berhasil mengeluarkan XPeng 1.0 Jike Version.


Reporter: Anggar Septiadi
Editor: Tri Adi

Video Pilihan

Terpopuler

Close [X]
×