kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45934,85   7,21   0.78%
  • EMAS1.320.000 -0,38%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Berpakaian hitam, Ratu Elizabeth duduk sendiri saat pemakaman Pangeran Philip


Minggu, 18 April 2021 / 05:32 WIB
Berpakaian hitam, Ratu Elizabeth duduk sendiri saat pemakaman Pangeran Philip
Ratu Elizabeth saat upacara pemakaman Pangeran Philip di Kapel St George, Puri Windsor, Inggris, Sabtu (17/4/2021).


Sumber: Reuters | Editor: Herlina Kartika Dewi

KONTAN.CO.ID - WINDSOR. Ratu Elizabeth dan keluarganya memberikan penghormatan terakhir kepada Pangeran Philip pada sebuah pemakaman pada Sabtu (17/4).

Mengutip Reuters, Elizabeth, berpakaian hitam dan dengan bermasker hitam, berdiri sendiri ketika suaminya yang telah mendampinginya selama 73 tahun diturunkan ke Royal Vault dalam layanan yang dihadiri oleh bangsawan senior, termasuk pewaris tahta Pangeran Charles dan kedua putranya, Pangeran William dan Harry.

Ratu ditempatkan sendirian dalam upacara di Kapel St George bersama anak-anaknya, cucu dan sekelompok pelayat kerajaan, dipisahkan karena aturan Covid-19.

"Kami ingat sebelum Anda hari ini Philip, Duke of Edinburk, mengucapkan terima kasih kepada Anda- atas keyakinan dan kesetiaannya yang teguh, atas rasa tanggung jawab dan integritasnya yang tinggi," kata Uskup Agung Canterbury Justin Welby dalam sebuah doa.

Philip, secara resmi dikenal sebagai Duke of Edinburgh, meninggal pada usia 99 pada tanggal 9 April. Ratu pada tahun 1997 menggambarkan Philip sebagai "kekuatan dan tinggal" selama beberapa dekade pernikahan mereka.

Baca Juga: Upacara pemakaman Pangeran Philip akan digelar pada 17 April

Uskup agung memuji "kehidupan pengabdian Philip kepada bangsa dan Persemakmuran, dan atas keberanian dan inspirasi kepemimpinannya."

Setelah bangsa mengamati keheningan satu menit di bawah sinar matahari yang cerah, Harry dan William mengambil tempat mereka di sisi berlawanan dari kapel di Kastil Windsor, dengan tempat peristirahatan terakhir raja Tudor Henry VIII memisahkan mereka.

Topi dan pedang angkatan laut Philip tergeletak di atas peti mati, yang ditutupi dengan standar pribadi Duke of Edinburgh yang menampilkan lambang Denmark, salib Yunani, Kastil Edinburgh dan garis-garis keluarga Mountbatten.

Karangan bunga mawar putih, lili, dan melati dari ratu 94 tahun juga menghiasi peti mati itu.

Royal Mourner

Paduan suara yang beranggotakan empat orang itu menyanyikan himne para pelaut, "Bapa yang Kekal, Kuat untuk Menyelamatkan", dan tak lama sebelum ia diturunkan ke dalam Royal Vault, "Kontakion of the Departed" Rusia, sebuah himne dari gereja-gereja Ortodoks dan Timur, menggema di sekitar gereja kuno. Tidak ada eulogi.

Peti mati Philip ditaruh di kapel dengan Defender TD 130 yang dipesan lebih dahulu dalam warna hijau militer saat satu menit senjata ditembakkan delapan kali.

Sebelum prosesi, band-band militer berkumpul di seberang alun-alun Kastil Windsor untuk memainkan musik pilihan pangeran, termasuk "I Vow To Thee My Country,", "Jerusalem" dan "Nimrod".

Philip, yang menikahi Elizabeth pada tahun 1947, membantu ratu muda menyesuaikan monarki dengan dunia yang berubah setelah era Perang Dunia Kedua karena hilangnya kekaisaran dan penurunan rasa hormat menantang keluarga kerajaan paling terkemuka di dunia.

Kini ia menjadi janda di saat dia bergumul dengan salah satu krisis paling parah yang menimpa keluarga kerajaan dalam beberapa dekade - tuduhan rasisme dan pengabaian oleh cucunya Harry dan istrinya yang kelahiran Amerika, Meghan.

Meghan menyaksikan pemakaman di rumahnya di California setelah dia disarankan oleh dokternya untuk tidak bepergian saat hamil, kata sumber yang mengetahui situasi tersebut. Jaringan A.S. menayangkan pemakaman secara langsung seperti yang dilakukan stasiun TV Inggris.

Baca Juga: Pangeran Philip, suami Ratu Elizabeth II, meninggal di usia 99 tahun

Para pelayat menghindari tradisi mengenakan seragam militer, sebuah langkah yang menurut surat kabar adalah untuk mencegah rasa malu bagi Harry, yang meskipun menjalani dua tur di Afghanistan selama karir militernya, tidak berhak mengenakan seragam karena gelar militer kehormatannya dicabut.

Pangeran Andrew, yang mengundurkan diri dari tugas publik pada tahun 2019 karena kontroversi seputar apa yang disebutnya hubungannya yang "dinilai buruk" dengan mendiang pemodal AS Jeffrey Epstein, ingin mengenakan seragam laksamana di pemakaman, media melaporkan.

Andrew duduk paling dekat dengan ratu.

Hanya ada 30 pelayat di dalam kapel untuk kebaktian tersebut karena berlanjutnya pembatasan virus corona di Inggris.

Dedikasi Philip untuk tugasnya membuatnya mendapatkan popularitas yang luas di Inggris, tetapi dia juga dikritik oleh beberapa orang karena sejumlah komentar rasis atau komentar tiba-tiba yang mengejutkan para pangeran, pendeta, dan presiden.

"Dia sendiri yang otentik, dengan kecerdasan yang sangat tajam, dan dapat menarik perhatian ruangan mana pun karena pesonanya dan juga karena kamu tidak pernah tahu apa yang akan dia katakan selanjutnya," kata Harry tentang kakeknya.

Philip adalah veteran Angkatan Laut Kerajaan yang dihormati pada Perang Dunia Kedua dan pemakamannya, yang sebagian besar direncanakan dengan sangat teliti oleh pangeran sendiri, memiliki nuansa militer yang kuat, dengan personel dari seluruh angkatan bersenjata memainkan peran penting.

Selanjutnya: Begini reaksi anggota Kerajaan Inggris atas kematian Pangeran Philip




TERBARU
Kontan Academy
Trik & Tips yang Aman Menggunakan Pihak Ketiga (Agency, Debt Collector & Advokat) dalam Penagihan Kredit / Piutang Macet Managing Customer Expectations and Dealing with Complaints

[X]
×