kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45920,31   -15,20   -1.62%
  • EMAS1.347.000 0,15%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Bertambah lagi, 29 warga Norwegia meninggal setelah divaksin corona!


Senin, 18 Januari 2021 / 08:03 WIB
Bertambah lagi, 29 warga Norwegia meninggal setelah divaksin corona!
ILUSTRASI. Perkiraan jumlah warga yang meninggal setelah menerima suntikan vaksin corona di Norwegia bertambah menjadi 29 orang. Jeenah Moon/Pool via REUTERS


Reporter: Barratut Taqiyyah Rafie | Editor: Barratut Taqiyyah Rafie

KONTAN.CO.ID - OSLO. Perkiraan jumlah warga yang meninggal setelah menerima suntikan vaksin corona di Norwegia bertambah menjadi 29 orang. Terkait hal ini, Pemerintah Norwegia menyatakan keprihatinan yang mendalam tentang keamanan vaksin Pfizer Inc pada orang tua dengan kondisi kesehatan serius yang mendasarinya.

Bloomberg melaporkan, angka terbaru menambahkan enam jumlah kematian yang diketahui di Norwegia, dan menurunkan kelompok usia yang diperkirakan terkena dampak menjadi 75 dari 80. 

Meskipun tidak jelas kapan tepatnya kematian terjadi, Norwegia telah memberikan setidaknya satu dosis kepada sekitar 42.000 orang dan fokus pada mereka yang dianggap paling berisiko jika tertular virus, termasuk orang lanjut usia.

Hingga Jumat, vaksin yang diproduksi oleh Pfizer dan BioNTech SE adalah satu-satunya yang tersedia di Norwegia. "Semua kematian terkait dengan vaksin ini," kata Badan Obat Norwegia dalam tanggapan tertulis kepada Bloomberg, Sabtu.

Baca Juga: Indonesia dan Singapura sudah vaksin Covid-19, netizen Malaysia iri

Sebelumnya diberitakan, setidaknya 23 orang yang menerima suntikan vaksin Covid-19 besutan Pfizer/BioNTech meninggal dunia di Norwegia. 

Melansir Anadolu Agency, 13 kematian di antaranya kemungkinan terkait dengan efek samping vaksin. Hal tersebut diungkapkan oleh pihak berwenang pada hari Kamis (14/1/2021).

Menurut Badan Pengawas Obat Norwegia, kesemua 13 orang tersebut berusia di atas 80 tahun. Dikatakan bahwa efek samping umum dari vaksin Pfizer/BioNTech, seperti demam dan mual, mungkin telah menyebabkan kematian beberapa pasien lanjut usia.

Baca Juga: Pasca disuntik vaksin Covid-19, 23 warga Norwegia meninggal dunia

Direktur medis BPOM Norwegia Steinar Madsen, mengatakan kepada penyiar nasional NRK, bersama dengan 13 kematian, ada pula sembilan kasus efek samping yang serius dan tujuh kejadian efek samping yang tidak terlalu serius.




TERBARU

[X]
×