kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45931,36   3,72   0.40%
  • EMAS1.320.000 -0,38%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Biar Taiwan Siap Tempur, AS Setujui Penjualan Suku Cadang Kapal Perang US$ 120 Juta


Kamis, 09 Juni 2022 / 14:39 WIB
Biar Taiwan Siap Tempur, AS Setujui Penjualan Suku Cadang Kapal Perang US$ 120 Juta
ILUSTRASI. Kapal perang Taiwan meluncurkan?rudal anti-kapal selam dalam latihan militer tahunan Han Kuang, 17 September 2014.


Sumber: Reuters | Editor: S.S. Kurniawan

KONTAN.CO.ID - TAIPEI. Amerika Serikat atau AS menyetujui kemungkinan penjualan suku cadang senilai US$ 120 juta untuk membantu Taiwan mempertahankan kapal perangnya, yang menurut Kementerian Pertahanan Tawian, akan membantu memastikan kesiapan tempur.

Badan Kerjasama Keamanan Pertahanan AS mengatakan, pihaknya telah menyampaikan sertifikasi yang memberi tahu Kongres, setelah persetujuan Departemen Luar Negeri untuk penjualan tersebut, yang diminta oleh Kedutaan Besar de facto Taiwan di Washington.

Penjualan tersebut mencakup suku cadang dan perbaikan yang tidak diklasifikasikan untuk kapal dan sistem kapal, bantuan teknis logistik, serta dukungan teknis dan logistik Pemerintah AS jugan kontraktor.

"Penjualan yang diusulkan akan berkontribusi pada keberlanjutan armada kapal permukaan penerima (Taiwan), meningkatkan kemampuannya untuk memenuhi ancaman saat ini dan masa depan," kata Badan Kerjasama Keamanan Pertahanan AS dalam pernyataan Rabu (8/6), seperti dikutip Reuters.

Baca Juga: Beri Peringatan ke Taiwan dan AS, China Gelar Patroli Kesiapan Tempur

Badan Kerjasama Keamanan Pertahanan menambahkan, suku cadang akan bersumber dari "vendor Angkatan Laut AS yang disetujui dan/atau Stok Angkatan Laut Amerika Serikat".

Kementerian Pertahanan Taiwan mengatakan, kesepakatan itu bisa mulai berlaku dalam waktu satu bulan, dan menyatakan terima kasih kepada Amerika Serikat atas dukungannya dalam membantu Taiwan untuk dapat melindungi dirinya sendiri.

"Mengingat aktivitas kapal perang China yang sering terjadi baru-baru ini di laut dan wilayah udara di sekitar negara kita, suku cadang kapal akan membantu memelihara peralatan dari kapal angkatan laut kita dan memenuhi kebutuhan pertempuran yang sebenarnya," kata Kementerian Pertahanan Taiwan, seperti dilansir Reuters.

Sebagian besar kapal perang utama Taiwan adalah buatan atau dirancang AS.




TERBARU

[X]
×