Biden: AS Gunakan Semua Kekuatan untuk Hentikan Iran Peroleh Senjata Nuklir

Kamis, 14 Juli 2022 | 20:36 WIB   Reporter: SS. Kurniawan
Biden: AS Gunakan Semua Kekuatan untuk Hentikan Iran Peroleh Senjata Nuklir

ILUSTRASI. AS akan menggunakan semua elemen kekuatan nasionalnya untuk menghentikan Iran memperoleh senjata nuklir, Presiden Joe Biden mengatakan. REUTERS/Kevin Lamarque.


KONTAN.CO.ID - YERUSALEM. AS akan menggunakan semua elemen kekuatan nasionalnya untuk menghentikan Iran memperoleh senjata nuklir, Presiden Joe Biden berjanji dalam deklarasi keamanan yang ditandatangani dengan Israel pada Kamis (14/7).

Dalam dokumen yang ditandatangani Biden dan Perdana Menteri Israel Yair Lapid di Yerusalem, AS dan Israel "menegaskan kembali ikatan yang tidak bisa dipatahkan antara kedua negara kami dan komitmen abadi Amerika Serikat terhadap keamanan Israel".

Washington juga berkomitmen untuk "tidak pernah mengizinkan Iran mendapatkan senjata nuklir".

"AS siap untuk menggunakan semua elemen kekuatan nasionalnya untuk memastikan hasil itu", tambah pernyataan bersama itu, yang disebut Deklarasi Bersama Kemitraan Strategis AS-Israel Yerusalem, seperti dikutip Channel News Asia.

Baca Juga: Moskow Berharap Kunjungan Biden ke Arab Saudi Tidak Untuk Membina Hubungan Anti Rusia

Teks itu ditandatangani saat Biden bertemu dengan para pejabat Israel pada hari kedua tur Timur Tengah pertamanya sebagai Presiden AS. 

Lapid mengatakan, melawan Iran akan menjadi pembahasan "paling utama" selama pembicaraan bilateral dengan Biden.

Dalam deklarasi bersama, "AS menegaskan kembali komitmennya yang teguh untuk melestarikan dan memperkuat kemampuan Israel menghalangi musuh-musuhnya dan mempertahankan diri sendiri terhadap setiap ancaman atau kombinasi ancaman".

"AS lebih lanjut menegaskan komitmen untuk bekerjasama dengan mitra lain untuk menghadapi agresi Iran dan kegiatan destabilisasi, baik maju secara langsung atau melalui proksi dan organisasi teroris seperti Hizbullah, Hamas, dan Jihad Islam Palestina," bunyi deklarasi itu.

Editor: S.S. Kurniawan

Terbaru