kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • EMAS 1.414.000   5.000   0,35%
  • USD/IDR 15.370
  • IDX 7.722   40,80   0,53%
  • KOMPAS100 1.176   5,28   0,45%
  • LQ45 950   6,41   0,68%
  • ISSI 225   0,01   0,00%
  • IDX30 481   2,75   0,57%
  • IDXHIDIV20 584   2,72   0,47%
  • IDX80 133   0,62   0,47%
  • IDXV30 138   -1,18   -0,84%
  • IDXQ30 161   0,48   0,30%

Biden Mundur dari Bursa Capres AS, Trump: Kamala Harris akan Lebih Mudah Dikalahkan


Senin, 22 Juli 2024 / 04:38 WIB
Biden Mundur dari Bursa Capres AS, Trump: Kamala Harris akan Lebih Mudah Dikalahkan
ILUSTRASI. Donald Trump mengatakan bahwa Wakil Presiden Kamala Harris akan lebih mudah dikalahkan dalam pemilu AS.


Sumber: CNN,Reuters | Editor: Herlina Kartika Dewi

KONTAN.CO.ID - WASHINGTON. Kandidat presiden dari Partai Republik Donald Trump mengatakan pada Minggu (21/7) bahwa Wakil Presiden Kamala Harris akan lebih mudah dikalahkan dalam pemilu November nanti dibandingkan Presiden dari Demokrat Joe Biden, yang mengundurkan diri sebagai kandidat dari partainya.

Mengutip Reuters, Senin (22/7), berdasarkan laporan CNN, Trump melontarkan komentar tersebut tak lama setelah Biden mengumumkan keputusannya. Trump dan tim kampanyenya kemudian juga menyerang Biden dan Harris di media sosial dengan mengatakan Biden tidak layak untuk terus menjabat sebagai presiden.

Biden mengakhiri kampanye pemilihannya kembali pada hari Minggu setelah rekan-rekan Demokratnya kehilangan kepercayaan pada ketajaman mental dan kemampuannya untuk mengalahkan Trump. Biden mendukung Harris untuk menggantikannya sebagai kandidat dari partainya.

Baca Juga: Joe Biden Mundur dari Pencalonan, Donald Trump: Dia Presiden Terburuk dalam Sejarah

Biden menghadapi keraguan yang semakin besar mengenai peluangnya untuk terpilih kembali setelah kinerjanya yang lemah dan goyah dalam debat televisi melawan Trump akhir bulan lalu.

Pada platform Truth Social-nya pada hari Minggu, Trump mengatakan Biden tidak layak mencalonkan diri sebagai Presiden, dan tentu saja tidak layak untuk menjabat.

Tokoh penting Partai Republik lainnya, termasuk Ketua Dewan Perwakilan Rakyat Mike Johnson, juga mengatakan Biden tidak layak menjabat sebagai presiden dan menyelesaikan masa jabatannya jika ia mengundurkan diri sebagai calon presiden dari Partai Demokrat. Johnson secara eksplisit meminta Biden untuk mengundurkan diri.

Trump, dalam sebuah postingan di platform Truth Social-nya, mengatakan: "Kami akan sangat menderita karena kepresidenannya (Biden), namun kami akan memperbaiki kerusakan yang telah dia lakukan dengan sangat cepat."

Trump dan Biden sebagian besar memiliki hasil yang sama dalam jajak pendapat, namun setelah perdebatan tersebut, beberapa jajak pendapat menunjukkan Trump unggul tipis dari presiden tersebut dalam pertarungan pemilu bulan November.

Tim kampanye Trump telah memulai diskusi tentang bagaimana mereka akan mengerahkan kembali sumber daya kampanye untuk kemungkinan mundurnya Biden, kata sebuah sumber yang mengetahui langsung masalah tersebut pada hari Minggu.

Mengingat bahwa kandidat Demokrat alternatif mana pun kemungkinan besar memiliki kekuatan dan kelemahan yang berbeda dari Biden, kata orang tersebut, pengunduran diri presiden memerlukan pemikiran ulang di mana harus membelanjakan dana iklan dan ke mana harus mengerahkan sumber daya secara lebih umum.

Di depan umum, para penasihat kampanye Trump dan sekutunya mengatakan kepada wartawan bahwa mereka tidak khawatir menghadapi Harris karena mereka bisa mengaitkannya dengan rekam jejak Biden dalam jabatannya, terutama dalam hal imigrasi dan inflasi. Mereka mengatakan mereka akan mencoba untuk menggambarkan Harris, dan kandidat lainnya yang disarankan sebagai alternatif bagi Partai Demokrat, sebagai pihak yang berada di sisi kiri Biden dalam berbagai kebijakan.

Baca Juga: Joe Biden Mundur dari Bursa Capres AS 2024!

Dalam sebuah pernyataan setelah Biden mundur, tim kampanye Trump mengatakan Harris adalah pemimpin pendukung Biden. Tim kampanye mengatakan Biden dan Harris memiliki catatan masing-masing dan tidak ada jarak antara keduanya.

Saluran YouTube resmi Komite Nasional Partai Republik menerbitkan video berdurasi dua menit pada Minggu sore yang menyerang Harris atas kebijakan imigrasi, menuduh Harris mengabaikan masalah itu.

Dalam beberapa minggu terakhir, tim kampanye Trump dan beberapa sekutunya telah melancarkan serangan politik preventif terhadap Harris untuk mencoba mendiskreditkannya di tengah pembicaraan bahwa Harris dapat menggantikan Biden sebagai calon presiden dari partai tersebut pada tahun 2024.

Baca Juga: Biden Ends Faltering Reelection Campaign, Backs Harris as Nominee

Pada bulan Maret 2021 Biden mengatakan Harris akan memimpin upaya bersama Meksiko dan negara-negara Amerika Tengah untuk mengatasi imigrasi ilegal.

Partai Republik memanfaatkan tuduhan tersebut dengan menuduhnya gagal membendung arus jutaan migran yang menyeberang secara ilegal ke Amerika Serikat, meskipun ia tidak pernah secara langsung bertanggung jawab mengamankan perbatasan selatan.




TERBARU
Kontan Academy
Mudah Menagih Hutang Penyusunan Perjanjian & Pengikatan Jaminan Kredit serta Implikasi Positifnya terhadap Penanganan Kredit / Piutang Macet

[X]
×