kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45868,39   -1,11   -0.13%
  • EMAS947.000 1,07%
  • RD.SAHAM -0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.10%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Bill Gates dan Melinda Gates bercerai, dunia filantropi terguncang


Selasa, 04 Mei 2021 / 08:17 WIB
Bill Gates dan Melinda Gates bercerai, dunia filantropi terguncang
ILUSTRASI. Bill Gates dan Melinda Gates. REUTERS/Pearl Gabel/File Photo


Sumber: Reuters | Editor: Herlina Kartika Dewi

KONTAN.CO.ID - SEATTLE. Miliarder dermawan Bill Gates dan Melinda Gates memutuskan untuk mengajukan perceraian setelah 27 tahun menikah. Pengumuman itu mengguncang dunia filantropi.

"Setelah banyak pemikiran dan banyak pekerjaan pada hubungan kami, kami telah membuat keputusan untuk mengakhiri pernikahan kami," kata keduanya dalam sebuah pernyataan yang diposting di akun Twitter Bill Gates, yang ikut mendirikan Microsoft Corp seperti dikutip Reuters.

"Kami tidak lagi percaya kami bisa tumbuh bersama sebagai pasangan di fase selanjutnya dalam hidup kami. Kami meminta ruang dan privasi untuk keluarga kami saat kami mulai menjalani kehidupan baru ini," kata pernyataan mereka.

Rincian keuangan dari keputusan tersebut belum jelas. Pasangan itu memiliki tiga anak.

Bill Gates dan Melinda Gates terdaftar sebagai co-chair dan trustee dari organisasi nirlaba mereka, Bill and Melinda Gates Foundation yang berbasis di Seattle, yang diluncurkan pada tahun 2000. Yayasan tersebut mengakhiri tahun 2019 dengan aset bersih $ 43,3 miliar, menurut laporan keuangan setahun penuh terbaru yang diungkapkan pada situsnya.

Baca Juga: Mengejutkan! Bill dan Melinda Gates umumkan perpisahan setelah 27 tahun menikah

Dari tahun 1994 hingga 2018, Bill Gates, 65, dan Melinda Gates, 56, telah memberikan hadiah lebih dari $ 36 miliar kepada yayasan tersebut, kata situs web tersebut.

Yayasan tersebut telah memfokuskan perhatiannya pada kesehatan masyarakat, pendidikan dan perubahan iklim, dengan donasi mulai dari dukungan para pembuat vaksin, tes diagnostik dan perawatan medis potensial untuk pandemi virus corona hingga pengembangan toilet bertenaga surya.

Yayasan tersebut tidak segera menanggapi permintaan komentar tentang bagaimana kelompok itu akan dijalankan setelah pemisahan Gates.

Perpecahan itu terjadi dua tahun setelah pendiri Amazon.com Inc Jeff Bezos mengatakan bahwa dia dan istrinya, MacKenzie, akan bercerai.

Gates keluar dari Universitas Harvard untuk memulai Microsoft dengan teman sekolah Paul Allen pada tahun 1975. Gates memiliki 49% dari Microsoft pada penawaran umum perdana pada tahun 1986, yang membuatnya menjadi multijutawan instan. Dengan pertumbuhan pesat Microsoft, dia segera menjadi salah satu individu terkaya di dunia.

Setelah masa jabatan eksekutif di mana dia membantu mengubah perusahaan menjadi salah satu perusahaan teknologi terkemuka dunia, Gates mengundurkan diri sebagai CEO Microsoft pada tahun 2000 untuk fokus pada filantropi. Dia tetap menjadi ketua hingga 2014 dan meninggalkan dewan perusahaan pada Maret 2020.

Dikenal dalam industri teknologi sebagai pesaing yang keras dan kejam, Gates memancing kemarahan para pesaingnya dan akhirnya pemerintah AS karena praktik bisnis Microsoft.

Raksasa perangkat lunak itu didakwa melakukan pelanggaran antitrust pada akhir 1990-an, tetapi putusan itu dibatalkan saat naik banding, dan perusahaan tersebut kemudian menyelesaikan kasus tersebut di luar pengadilan.

Baca Juga: Ini peringatan Janet Yellen ke negara-negara besar

Persona publik Gates melembut menjadi negarawan tua yang avuncular saat dia mengalihkan perhatiannya ke filantropi, dan dia telah menghindari banyak kontroversi yang saat ini mengguncang bisnis teknologi.

Pasangan Gates, yang baru-baru ini mulai menyebut dirinya sebagai Melinda French Gates di sebagian besar situs web dan media sosial, dibesarkan di Dallas dan belajar ilmu komputer dan ekonomi di Duke University. Dia kemudian bergabung dengan Microsoft, di mana dia bertemu dengan calon suaminya.

Pada 2015 ia mendirikan Pivotal Ventures, sebuah perusahaan investasi yang berfokus pada wanita, dan pada 2019 menerbitkan buku, "The Moment of Lift", yang berpusat pada pemberdayaan wanita.

Selanjutnya: Simak prediksi Bill Gates soal akhir pandemi corona dunia, apa katanya?

 




TERBARU

[X]
×