kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |

Bill Gates: Saya bahkan tidak mau bertemu dengan Warren Buffett


Selasa, 12 November 2019 / 15:06 WIB
Bill Gates: Saya bahkan tidak mau bertemu dengan Warren Buffett
ILUSTRASI. Miliarder dunia Bill Gates.

Reporter: Barratut Taqiyyah Rafie | Editor: Barratut Taqiyyah Rafie

KONTAN.CO.ID - NEW YORK. Tampaknya tidak ada orang yang tidak ingin bertemu Warren Buffett.

Lihat saja. Setiap tahun, investor berduyun-duyun datang ke pertemuan tahunan Berkshire Hathaway, perusahaan induk milik sang investor miliarder, untuk melihat sekilas tentang Buffett dan mungkin mengajukan pertanyaan kepadanya.

Bahkan, lelang amal tahunan untuk makan siang dengan Buffett sekarang secara teratur ditawarkan dengan nilai jutaan dollar. Pemenang tahun 2019, membayar hampir US$ 4,6 juta.

Namun, miliarder kenamaan Bill Gates mengatakan, dirinya bahkan tidak yakin ingin bertemu Buffett sama sekali sebelum dua pengusaha ikonik itu akhirnya bertemu di awal 1990-an. Melansir CNBC, dalam sebuah wawancara di konferensi The New York Times beberapa waktu lalu, pendiri Microsoft menjelaskan mengapa ia awalnya enggan bertemu dengan Buffett.

Baca Juga: 9 aturan yang membantu Warren Buffett menghasilkan return 1.826.163% dalam 50 tahun

“Saya bahkan tidak ingin bertemu Warren karena saya berpikir, 'Hei orang ini membeli dan menjual barang-barang, jadi dia menemukan ketidaksempurnaan dalam hal market, itu bukan nilai tambah bagi masyarakat, itu adalah permainan zero-sum yang hampir parasit. 'Itulah pandangan saya sebelum saya bertemu dengannya ... dia tidak akan memberi tahu saya tentang menciptakan sesuatu," kata Gates pada konferensi itu.

Gates hanya merasa bahwa dia dan Buffett  terlalu berbeda dalam dunia bisnis sehingga tidak ada nilai jika mereka bertemu dalam dan berbagi wawasan.  Buffett adalah seorang investor yang ingin menciptakan nilai bagi dirinya dan para pemegang sahamnya, sementara Gates, lebih fokus pada pembangunan perangkat lunak yang akan mengubah cara orang dan bisnis menggunakan komputer dalam kehidupan sehari-hari mereka.

Baca Juga: 9 aturan Warren Buffett: Investasi di perusahaan yang memiliki sejarah panjang (2)

Terlepas dari keengganannya, Gates akhirnya bertemu Buffett ketika orang tua miliarder teknologi itu mengundang Buffett untuk makan malam selama kunjungan ke negara bagian Washington pada Juli 1991. Seperti yang dikatakan Gates di masa lalu, ia benar-benar mencoba untuk menghindar dari acara makan malam dan memberi tahu ibunya, "Bu, aku sibuk!"



Video Pilihan

TERBARU

Close [X]
×