kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45991,94   -3,77   -0.38%
  • EMAS988.000 0,00%
  • RD.SAHAM -0.20%
  • RD.CAMPURAN 0.04%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.12%

Bisa Bikin China Marah, Pemerintah Kanada Larang Jaringan 5G Huawei dan ZTE


Jumat, 20 Mei 2022 / 13:46 WIB
Bisa Bikin China Marah, Pemerintah Kanada Larang Jaringan 5G Huawei dan ZTE
ILUSTRASI. Bisa Bikin China Marah, Pemerintah Kanada Larang Jaringan 5G Huawei dan ZTE


Reporter: Ferrika Sari | Editor: Noverius Laoli

KONTAN.CO.ID -  OTTAWA. Pemerintah Kanada melarang penggunaan produk 5G dari Huawei Technologies Co Ltd dan ZTE Corp yang bertujuan untuk melindungi keamanan nasional. 

"Kami bermaksud untuk mengecualikan Huawei dan ZTE dari jaringan 5G kami," kata Menteri Perindustrian Kanada Francois-Philippe Champagne dikutip dari Reuters, Jumat (20/5). 

Oleh karena itu, pihaknya meminta penyedia provider yang sudah memasang peralatan ini diminta untuk menghentikan penggunaannya dan menghapusnya berdasarkan perintah pemerintah hari ini. 

Champagne menambahkan bahwa perusahaan akan diminta untuk melepas peralatan 5G mereka pada Juni 2024, atau tidak akan diganti. Perusahaan yang menggunakan peralatan 4G harus dihapus hingga akhir 2027.

Baca Juga: Amerika Menyiapkan Sanksi Untuk Perusahaan Pengawasan Video Hikvision dari China

Keputusan itu secara luas ditunda di tengah ketegangan diplomatik dengan China. Jaringan Five Eyes seperti Amerika Serikat, Inggris, Australia, dan Selandia Baru juga telah melarang peralatan tersebut.

Selain itu, keputusan tersebut datang setelah perusahaan telekomunikasi di Kanada menggunakan perangkat 5G dari perusahaan lain.

Menteri Keamanan Publik Marco Mendicino juga akan merancang undang-undang baru untuk melindungi infrastruktur keuangan, telekomunikasi, energi, dan transportasi dari ancaman dunia siber. 

Pada September 2018 lalu, Kanada untuk pertama kalinya menyatakan akan meninjau keamanan nasional dalam mengadopsi peralatan Huawei. Pada tiga bulan kemudian, Direktur Keuangan Huawei Meng Wanzhou ditangkap di Kanada atas surat perintah AS.

Meng dianggap membuka perselisihan jangka panjang dengan China yang akhirnya berakhir dengan pembebasannya pada September lalu. Setelah penangkapan Meng, dua warga Kanada ditangkap oleh Beijing dan dituduh melakukan mata-mata. Kedua pria itu dibebaskan pada hari yang sama dengan Meng. 

Baca Juga: Ada Temuan Manipulasi Pembukuan Huawei Dalam Hasil Investigasi Pajak India




TERBARU

[X]
×