kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45985,97   -4,40   -0.44%
  • EMAS1.222.000 0,41%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Bisnis durian global semakin legit, valuasinya mencapai US$ 28,6 miliar


Jumat, 14 Mei 2021 / 07:31 WIB
Bisnis durian global semakin legit, valuasinya mencapai US$ 28,6 miliar
ILUSTRASI. Aktivitas di salah satu gerai durian di Kuala Lumpur, Malaysia, 10 Juli 2019. REUTERS/Lim Huey Teng


Reporter: Sandy Baskoro | Editor: Sandy Baskoro

KONTAN.CO.ID - SINGAPURA. Prospek bisnis durian semakin legit. Valuasi pasar durian global diproyeksikan menyentuh US$ 28,6 miliar pada tahun 2025 dengan tingkat pertumbuhan rata-rata tahunan sebesar 7,2%.

Kabar terbaru, Grup NutryFarm International Limited melalui anak usahanya Global Agricapital Holdings Pte Ltd menggandeng Ebuy Pte Ltd untuk memperluas bisnis durian di Singapura.

Dalam nota kesepahaman yang diteken Selasa (11/5) lalu, seperti dikutip ACN Newswire, Ebuy akan mengimpor dan mendistribusikan durian kemasan ke Singapura atas nama Global Agricapital. Buah berkulit duri itu akan diimpor dari Malaysia dan Thailand.

Baca Juga: 5 Sayur dan buah yang bergizi tinggi untuk bayi

Global Agricapital berkomitmen dan memastikan pasokan, kualitas serta keaslian durian kemasan dari pemasoknya.

Kedua pihak berharap memulai pengiriman pertama pada 1 Juni 2021.

Berdiri sebagai perusahaan e-commerce di Singapura sejak 2013, Ebuy adalah distributor utama produk segar (termasuk sayuran dan buah-buahan segar) di Negeri Singa. Mereka memasok produk segar itu kepada penyedia layanan makanan, pengecer, restoran hingga hotel.

Ebuy memiliki 13 gudang berpendingin di tiga lokasi dengan 16 truk.

Adapun Grup NutryFarm semakin ekspansif di bisnis durian. Sejak Desember 2020, NutryFarm telah mengumumkan berbagai perjanjian untuk menjual total 1.480 kontainer durian segar dari Thailand kepada importir buah utama Tiongkok. Nilai total kontrak tersebut diperkirakan CNY 962 juta setara US$ 149 juta.

Berdasarkan laporan Million Insights, valuasi pasar durian global diproyeksikan menyentuh US$ 28,6 miliar pada tahun 2025 dengan tingkat pertumbuhan rata-rata tahunan (CAGR) sebesar 7,2% selama periode 2019-2025.

Pertumbuhan pasar ini terutama didorong oleh meningkatnya permintaan akan masakan lintas budaya seiring dengan perluasan bisnis pariwisata.

Baca Juga: Jarang diketahui, inilah ​4 manfaat buah durian bagi kesehatan

Di sisi lain, meningkatnya kesadaran konsumen terkait manfaat durian bagi kesehatan diharapkan dapat memacu permintaan produk tersebut.

Buah durian diyakini membantu mengontrol kadar gula dan mengurangi risiko kanker karena memiliki sifat anti oksidan, anti depresan dan anti penuaan.

Di antara produk yang tersebar, seperti dikutip durianharvest.com, produk beku durian Musang King mendominasi pasar dan menguasai pangsa pasar lebih dari 70% pada tahun 2018.

Hanya beberapa negara yang memproduksi buah durian, seperti Thailand dan Malaysia, dan mengekspornya dalam bentuk daging durian beku ke seluruh dunia.
Buah ini juga digunakan pada beberapa produk makanan seperti yogurt, pizza dan es krim karena keinginan konsumen untuk menikmati rasa eksotis yang kian meningkat.




TERBARU

[X]
×