Bisnis Logistik Meningkat, JWD InfoLogistics Bakal Ekspansi di Kawasan Asia Tenggara

Rabu, 23 November 2022 | 15:46 WIB   Reporter: Diki Mardiansyah
Bisnis Logistik Meningkat, JWD InfoLogistics Bakal Ekspansi di Kawasan Asia Tenggara

ILUSTRASI. JWD InfoLogistics


KONTAN.CO.ID - BANGKOK. JWD InfoLogistics Public Company Limited berencana meningkatkan anggaran modal investasinya selama tiga tahun ke depan untuk ekspansi bisnis.

Perusahaan asal Thailand ini akan melakukan ekspansi bisnisnya ke negara-negara terdekat seperti di kawasan Asia Tenggara. Ekspansi bisnis ini dilakukan lantaran permintaan layanan penyimpanan makanan, pergudangan, dan transportasi yang saat ini terus meningkat.

Seperti dilansir Bloomberg pada Rabu (23/11), perusahaan spesialis logistik ini akan menghabiskan dana sekitar 10 miliar baht atau US$ 276 juta hingga tahun 2025. Dana akan digunakan untuk fasilitas baru dan akuisisi aset di Asia Tenggara.

Chief Executive Officer Charvanin Bunditkitsada mengatakan, investasi tahunan JWD InfoLogistics selama tiga tahun terakhir mencapai sekitar 2 miliar baht.

Baca Juga: SCG Indonesia Olah Sampah Menjadi Bahan Bakar Alternatif

Dorongan ekspansi bisnis ke Asia Tenggara ini muncul saat JWD InfoLogistics sedang dalam proses penggabungan dengan unit logistik Siam Cement Pcl, salah satu konglomerat industri semen dan material terbesar di Thailand.

Charvanin mengatakan, kombinasi antara JWD InfoLogistics dengan Siam Cement Pcl akan memberikan batu loncatan yang lebih kuat untuk ekspansi internasional dan membantu perusahaan mencapai tujuannya mendapatkan sekitar setengah pendapatan dari operasi luar negeri, dibandingkan dengan seperlima saat ini.

“Kemitraan Siam Cement memberi kami kepercayaan diri untuk memperluas operasi kami di seluruh wilayah,” kata Charvanin kepada Bloomberg.

Adapun, kemitraan dengan Siam Cement dianggap akan menguntungkan. Hal ini lantaran JWD InfoLogistics lambat dalam melakukan ekspansi ke luar negeri.

Sebagai informasi, perusahaan mengumumkan 26 Oktober 2022 bahwa JWD InfoLogistics telah mengakuisisi SCG Logistics Management Co, unit dari Siam Cement, dalam kesepakatan pertukaran saham senilai sekitar 19 miliar baht. Siam Cement akan memiliki 43% saham JWD InfoLogistics  setelah penyelesaian transaksi.

JWD akan mengembangkan unit cold storage dan kargo baru, menambah fasilitas Siam Cement yang sudah ada di Asia Tenggara.

Baca Juga: Siam Cement Group (SCG) Ekspansi ke Bisnis Energi Terbarukan

Menurut Charvanin, Siam Cement menjadi pemegang saham terbesar di Thailand, telah memiliki jaringan transportasi yang “sangat kuat” di Vietnam, Indonesia, dan Kamboja. Penggabungan dengan unit Siam Cement juga membuka pintu bisnis JWD  InfoLogistics ke Vietnam dan Indonesia.

"Yang pasti, ada "headwinds" utama yang harus dihadapi ekonomi global," katanya.

Hal itu termasuk inflasi yang tinggi, dampak dari konflik Ukraina-Rusia, dan kenaikan suku bunga. Semua faktor itu, kata Charvanin, akan mengurangi permintaan untuk layanan transportasi dan logistik JWD.

Sebagai gambaran, saham JWD InfoLogistics  telah naik hampir 150% sejak akhir tahun 2020, kinerja terbaik kedua di antara 26 perusahaan di Bursa Efek pengukur transportasi dan logistik di Thailand.

Editor: Yudho Winarto

Terbaru