Bisnisnya direcokin regulator, Jack Ma bukan lagi orang paling kaya di China

Selasa, 02 Maret 2021 | 21:04 WIB Sumber: Reuters
Bisnisnya direcokin regulator, Jack Ma bukan lagi orang paling kaya di China

ILUSTRASI. FILE PHOTO: Jack Ma, chairman of Alibaba Group arrives at the 'Tech for Good' Summit in Paris, France May 15, 2019. REUTERS/Charles Platiau/File Photo


KONTAN.CO.ID - BEIJING. Pendiri Alibaba dan Ant Group, Jack Ma tidak lagi menjadi orang terkaya di China. Merujuk daftar orang terkaya Global Hurun yang dilansir Reuters, Selasa (2/3), peringkat Ma turun setelah bisnisnya tertekan oleh regulator China.

Dari daftar tersebut Ma dan keluarganya yang menjadi orang terkaya sejak tahun 2009 terlempar ke posisi keempat. Posisi Ma di belakang pembuat air minum kemasan Zhong Shanshan dari Nongfu Spring, Pony Ma dari Tencent Holding dan pebisnis e-commerce Collin Huang.

Kejatuhan Ma dari tiga besar ini terjadi setelah regulator China menyelidiki bisnis Ant Group dan Alibaba yang dituding bermasalah soal persaingan usaha.

Regulator China juga menangguhkan tanpa batas waktu dari rencana IPO Grup Ant hanya beberapa hari sebelum saham perusahaan dilepas ke publik. Padahal nilai IPO Grup Ant fantastis, senilai US$ 37 miliar. Ma sempat menghilang hingga akhirnya kembali lagi terlihat di publik. 

Editor: Lamgiat Siringoringo
Tag

Terbaru