kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45898,78   -24,72   -2.68%
  • EMAS1.326.000 0,00%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Black Box pesawat Germanwings telah ditemukan


Rabu, 25 Maret 2015 / 08:10 WIB
Black Box pesawat Germanwings telah ditemukan
ILUSTRASI. Promo Cinema XXI nonton film cuma bayar Rp 7.777 via Jenius edisi 11-17 Oktober 2023


Sumber: BBC | Editor: Yudho Winarto

MENTERI Dalam Negeri Prancis Bernard Cazeneuve mengatakan salah satu kotak hitam pesawat Germanwings yang jatuh di pegunungan Alpen Prancis telah ditemukan.

Penyebab jatuhnya pesawat Airbus A320 belum diketahui dan pesawat tidak mengirimkan sinyal bahaya sebelum kejadian.

"Satu kotak hitam ditemukan dan akan diserahkan kepada penyelidik. Kotak hitam akan digunakan dalam tempo beberapa jam, ini akan memungkinkan penyelidik mengambil langkah maju," kata Cazeneuve kepada para wartawan, Selasa (24/03) kemarin.

Namun ia tidak menyebutkan apakah kotak hitam yang ditemukan adalah kotak berisi data penerbangan atau kotak berisi rekaman suara kokpit.

Germanwings terbang dari Barcelona ke Duesseldorf, yang mengangkut 150 orang ketika menukik dan kemudian menghantam tanah. Perdana Menteri Prancis Manuel Valls sebelumnya mengatakan tidak ada korban yang selamat.

Sementara itu tim penyelamat telah tiba di lokasi kejadian dan menguraikan bahwa puing pesawat berceceran. Seorang pejabat Prancis Bruce Robin mengatakan pesawat pecah dan tidak ada yang utuh.

Sebagian besar penumpang pesawat berbiaya murah itu adalah warga negara Spanyol dan Jerman, termasuk 16 siswa dari sebuah sekolah di Jerman.

Ke-16 pelajar dan kedua guru tersebut berasal dari Sekolah Joseph-Koenig di Haltern, bagian barat Jerman. Sebagian besar pelajar ialah remaja putri berusia 16 tahun.

“Ini adalah kejadian terburuk yang bisa dibayangkan,” kata Wali Kota Haltern, Bodo Klimpel, sebagaimana dilaporkan wartawan BBC, Katya Adler.

Pesawat bernomor penerbangan 4U 9525 itu lepas landas dari Barcelona menuju Duesseldorf. Saat mengangkasa, pesawat itu mengangkut 150 orang.

Kabar mengenai jatuhnya pesawat Germanwings menyentak warga Kota Haltern. Para murid Sekolah Joseph-Koenig pun diliburkan pada Selasa (24/03).

Wali Kota Haltern mengatakan para murid tetap akan masuk sekolah seperti biasa, Rabu (25/03). Namun, alih-alih belajar, mereka akan diberi kesempatan untuk mengungkapkan perasaan mengenai tragedi pesawat Germanwings dan mulai memproses kejadian yang menimpa 16 teman mereka.

Ke-16 pelajar menumpang pesawat Germanwings setelah mengikuti program pertukaran pelajar selama satu pekan di Llinars de Valles, dekat Barcelona. Tahun lalu, para pelajar dari Llinars de Valles telah terlebih dulu mengunjungi Haltern.

“Mereka terbang ke rumah setelah mungkin mengalami masa-masa terindah dalam hidup mereka. Kejadian ini begitu tragis, sungguh tidak terbayangkan,” kata Sylvia Loehrmann, menteri pendidikan Negara Bagian North Rhine-Westphalia.

Kementerian Dalam Negeri Prancis mengatakan lokasi puing-puing pesawat Airbus A320 milik Germanwings yang jatuh sudah diketahui pada ketinggian 2.000 meter.

Regu SAR sudah melakoni upaya pencarian pada Selasa (24/03) dan akan melanjutkan usaha tersebut Rabu (25/03) pagi.


Berita Terkait



TERBARU
Kontan Academy
EVolution Seminar Supply Chain Management on Sales and Operations Planning (S&OP)

[X]
×