kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45985,97   -4,40   -0.44%
  • EMAS1.249.000 2,21%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Boeing Optimistis Permintaan Industri Pesawat Terbang Meningkat


Selasa, 14 Juni 2022 / 07:12 WIB
Boeing Optimistis Permintaan Industri Pesawat Terbang Meningkat
ILUSTRASI. Boeing Co pindahkan headquarter ke Virginia


Sumber: Reuters | Editor: Anna Suci Perwitasari

KONTAN.CO.ID - VIRGINIA. Boeing Co optimistis permintaan industri untuk pesawat terbang kuat dan akan terus meningkat. Hal tersebut terjadi karena maskapai perlu menggantikan armada yang menua dan membeli model yang lebih efisien serta proyeksi pertumbuhan penumpang di masa depan.

"Permintaan pesawat sekuat yang pernah saya lihat. Saya pikir itu akan menjadi lebih kuat," kata kata Chief Executive Boeing Co Dave Calhoun kepada Reuters dan media lain di sela-sela acara peresmian markas baru Boeing di Arlington, Virginia

Permintaan pesawat terbang "lebih dari sekadar bubble," tambah Calhoun.

Dia juga menggambarkan, keputusan perusahaan untuk memindahkan kantor pusat ke Arlington dari Chicago, yang diumumkan bulan lalu, "bukan hal sesaat. Itu bukan lelang."

Calhoun menambahkan, Boeing tidak mempertimbangkan untuk memindahkan kantor pusatnya kembali ke Seattle, di mana perusahaan bermarkas sampai pindah ke Chicago pada tahun 2001. "Itu adalah konsolidasi sederhana dari jejak kaki," lanjut dia.

Baca Juga: Boeing Putar Otak Kerek Ekuitas di Tengah Risiko Rantai Pasokan dan Masalah Industri

Boeing, kontraktor pertahanan utama AS, juga berencana untuk mengembangkan pusat penelitian dan teknologi di daerah Arlington, rumah bagi Pentagon dan di seberang Sungai Potomac dari ibu kota AS.

"Pelanggan terbesar kami di dunia berada tepat di seberangnya. Pentagon adalah yang terbesar di dunia," kata Calhoun. "Ini hanya tempat yang cerdas."

Markas baru Boeing berada di kantor Arlington sejak 2014, di mana ia memiliki ruang yang tidak terpakai yang signifikan, dan hanya beberapa blok dari markas kedua Amazon.com, yang dikenal sebagai HQ2, yang sedang dibangun.

"Kampus inovasi ini benar-benar terpukau ketika Amazon datang ke sini," kata Calhoun.

Markas Chicago, yang merupakan gedung pencakar langit yang berada tepi sungai dengan 36 lantai dan bernilai US$ 200 juta, telah berada di persimpangan untuk kampanye efisiensi biaya untuk Boeing, yang telah kehilangan real estat, termasuk markas besar pesawat komersialnya di Seattle.

Dengan kepindahan ke Arlington, beberapa eksekutif kunci, termasuk Calhoun dan chief financial officer, akan ditempatkan di sana, tetapi tidak lebih banyak lagi.

Ditanya berapa banyak pekerjaan yang akan pindah ke Virginia dari Chicago, Calhoun berkata: "Hampir tidak ada, seperti tidak ada."

Baca Juga: Kondisi Membaik, Qantas Airways Pesan 12 Pesawat Airbus A350-1000

"70% hari saya di mana pun saya berada adalah virtual karena saya menjalankan perusahaan terdistribusi besar," ungkap Calhoun.

Pemindahan markas besar Boeing ke Chicago pada 2001 terjadi setelah 85 tahun perusahaan itu berada di Seattle, menyusul mergernya pada 1997 dengan saingannya yang berbasis di St. Louis, McDonnell Douglas.

Di sisi lain, pekan lalu, Raytheon mengumumkan akan memindahkan kantor pusatnya ke pinggiran kota Washington, bergabung dengan kontraktor pertahanan terbesar lainnya di wilayah tersebut.

"Industri ini berjuang setiap industri lain untuk mendapatkan bakat STEM, pertarungan itu selamanya," kata Calhoun. "Raytheon, Northrop (Grumman), Boeing, Airbus -- kami semua memburunya."




TERBARU
Kontan Academy
Mastering Financial Analysis Training for First-Time Sales Supervisor/Manager 1-day Program

[X]
×