Berita Ekonomi

BPKH Siapkan Rp 15 Triliun untuk Investasi Langsung di Arab Saudi

Jumat, 25 Januari 2019 | 07:16 WIB
BPKH Siapkan Rp 15 Triliun untuk Investasi Langsung di Arab Saudi

Reporter: Umi Kulsum | Editor: Thomas Hadiwinata

KONTAN.CO.ID -  JAKARTA. Badan Pengelola Keuangan Haji (BPKH) tengah menyiapkan investasi langsung di Arab Saudi. Rencana investasi itu diharapkan dapat ditandatangani sebelum musim haji tahun ini bergulir.

Kepala Badan Pelaksana BPKH Anggito Abimanyu menjelaskan, tahun ini BPKH menargetkan dana kelolaan sebesar Rp 121 triliun. Perincian alokasinya, sebesar 50% akan disimpan di perbankan syariah, 30% di surat berharga syariah negara (SBSN) dan 20% untuk investasi langsung serta investasi lainnya.

Menurut Anggito, sebanyak 15% dari target dana haji yang dikelola BPKH atau sekitar Rp 18,15 triliun akan dialokasikan untuk investasi langsung di Arab Saudi. Adapun sektor yang akan menjadi keranjang investasi itu adalah sektor yang terkait dengan pemenuhan kebutuhan jamaah haji di Arab Saudi seperti bidang katering, hotel, dan penerbangan. "Kami mengharapkan perjanjian bisa rampung sebelum musim haji tahun ini sehingga bisa segera direalisasikan," kata Anggito, Kamis (24/1).

Namun, apabila investasi langsung ini tidak bisa dijalankan pada tahun ini, Anggito bilang, pihaknya akan berupaya melanjutkan tahun depan, dengan melihat dan mencari potensi objek investasi yang menguntungkan bagi jamaah haji.  Dengan cara ini, BPKH tidak berhenti untuk berupaya menemukan investasi yang paling pas dan bermanfaat. "Kalau tidak jadi tahun ini ya porsi dana kelolaan sebesar 15% itu akan dialihkan ke surat berharga," terangnya.

Rencananya, investasi dana haji di Arab Saudi akan ditujukan pada dua hotel di Madinah dan tiga hotel di Mekkah, serta satu katering di Mekkah. Adapun, Anggito memastikan  BPKH belum akan masuk ke investasi yang ditawarkan lewat skema Pembiayaan Investasi Non APBN (PINA) terkait sejumlah proyek infrastruktur yang akan dibangun.

Terbaru