kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45929,13   1,49   0.16%
  • EMAS1.320.000 -0,38%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Brasil hentikan uji coba calon vaksin corona dari Sinovac, yang juga diuji di Bandung


Selasa, 10 November 2020 / 13:41 WIB
Brasil hentikan uji coba calon vaksin corona dari Sinovac, yang juga diuji di Bandung
ILUSTRASI. ilustrasi. Brasil hentikan uji coba calon vaksin corona dari Sinovac, yang juga diuji di Bandung REUTERS/Dado Ruvic/Illustration


Sumber: Kompas.com | Editor: Adi Wikanto

KONTAN.CO.ID - Brasilia. Uji coba calon vaksin corona di Brasil dihentikan. Calon vaksin corona tersebut adalah perusahaan biofarmasi asal China, Sinovac yang juga melakukan uji coba serupa di Bandung, Jawa Barat.

Badan Pengawas Kesehatan Nasional Brasil (Anvisa) menghentikan uji klinis dari kandidat vaksin virus corona dari China, CoronaVac. Pihaknya menyetop uji klinis tersebut karena disebut adanya peristiwa yang merugikan dan serius.

Pengumuman tersebut disampaikan melalui pernyataan yang diunggah di situs webnya pada Senin (9/11/2020) malam waktu setempat sebagaimana dilansir dari ABC News.

Anvisa mengatakan dalam pernyataannya bahwa peristiwa yang mendorong penangguhan uji klinis CoronaVac terjadi pada 29 Oktober, tanpa merinci lebih lanjut yang terjadi pada saat itu. “Dengan penghentian penelitian, tidak ada sukarelawan baru yang dapat divaksinasi,” kata pernyataan itu.

Baca juga: Hanya hari ini, Sriwijaya Air promo tiket Rp 170.000 terbang kemana saja

Kandidat vaksin corona yang potensial tersebut dikembangkan oleh perusahaan biofarmasi asal China, Sinovac. Di Brasil, CoronaVac akan didiproduksi oleh Butantan Institute yang dikelola oleh negara bagian Sao Paulo, Brasil.

Dalam sebuah pernyataan, Butantan Institute mengatakan pihaknya terkejut dengan keputusan Anvisa dan akan mengadakan konferensi pers pada Selasa (10/11/2020). Penyuntikan CoronaVac telah memicu kontroversi di Brasil sebelumnya, di mana Presiden Brasil Jair Bolsonaro meragukan efektivitasnya. Dia memicu kebingungan publik pada bulan lalu ketika secara terbuka menolak CoronaVac dengan mengatakan bahwa rakyat Brasil tidak bisa digunakan sebagai kelinci percobaan.

Padahal Menteri Kesehatan Brasil yang ditunjuknya, Eduardo Pazuello, telah setuju untuk membeli CoronaVac dan kemudian diproduksi secara lokal oleh Butantan Institute. Bolsonaro juga sering menyatakan ketidakpercayaannya terhadap China, terutama pada kampanye pada 2018.

Kendati demikian, dia melunakkan sikapnya terhadap Negeri “Panda” setelah dia menjabat sebagai Presiden Brasil. Gubernur Negara Bagian Sao Paulo, Joao Doria telah menjadi saingan politik dan kritikus vokal terhadap tanggapan pandemi virus corona dari Bolsonaro.




TERBARU
Kontan Academy
EVolution Seminar Trik & Tips yang Aman Menggunakan Pihak Ketiga (Agency, Debt Collector & Advokat) dalam Penagihan Kredit / Piutang Macet

[X]
×