kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45927,64   6,18   0.67%
  • EMAS1.325.000 -1,34%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

BREAKING NEWS: The Fed pangkas bunga mendekati nol dan aktifkan toolkit era krisis


Senin, 16 Maret 2020 / 04:55 WIB
BREAKING NEWS: The Fed pangkas bunga mendekati nol dan aktifkan toolkit era krisis
ILUSTRASI. Pimpinan The Federal Reserve Jerome Powell . REUTERS/Erin Scott


Sumber: Reuters | Editor: Barratut Taqiyyah Rafie

KONTAN.CO.ID - WASHINGTON. The Federal Reserve AS memutuskan untuk kembali memangkas suku bunganya mendekati nol persen. Selain itu, bank sentral juga memulai kembali pembelian obligasi dan meluncurkan langkah-langkah lain dari toolkit era krisis.

Melansir Reuters, The Fed bersama dengan bank sentral negara dunia lainnya, mengeluarkan kebijakan darurat demi menyelamatkan ekonomi global yang hancur dengan cepat diserang oleh upaya untuk menahan pandemi virus corona yang meningkat.

“Efek dari virus corona akan membebani aktivitas ekonomi dalam waktu dekat dan menimbulkan risiko bagi prospek ekonomi. Mengingat perkembangan ini, Komite memutuskan untuk menurunkan kisaran target," kata The Fed.

Baca Juga: Kebijakan Moneter The European Central Bank (ECB) yang longgar, lemahkan EUR/USD

The Fed memangkas suku bunga ke kisaran target 0% menjadi 0,25% dan mengatakan akan memperluas neraca setidaknya US$ 700 miliar dalam beberapa minggu mendatang.

"Komite berharap untuk mempertahankan kisaran target ini sampai benar-benar yakin bahwa ekonomi telah melewati peristiwa genting ini dan berada di jalur untuk mencapai lapangan kerja maksimum dan tujuan stabilitas harga," kata The Fed.

Baca Juga: Dampak negatif virus corona masih akan menekan kurs rupiah

Dalam langkah lain, The Fed mendorong bank untuk menggunakan triliunan dollar dalam ekuitas dan aset likuid yang dibangun sebagai penyangga modal krisis keuangan untuk dipinjamkan kepada bisnis dan rumah tangga yang neraca dan kehidupannya telah terpukul oleh virus.




TERBARU
Kontan Academy
Trik & Tips yang Aman Menggunakan Pihak Ketiga (Agency, Debt Collector & Advokat) dalam Penagihan Kredit / Piutang Macet Managing Customer Expectations and Dealing with Complaints

[X]
×