kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45868,39   -1,11   -0.13%
  • EMAS947.000 1,07%
  • RD.SAHAM -0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.10%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Brisbane memasuki tiga hari penguncian akibat Covid-19


Senin, 29 Maret 2021 / 08:14 WIB
Brisbane memasuki tiga hari penguncian akibat Covid-19
ILUSTRASI. Otoritas Australia mengumumkan penguncian Covid-19 tiga hari di kota utara Brisbane mulai Senin sore.


Sumber: Reuters | Editor: Wahyu T.Rahmawati

KONTAN.CO.ID - SYDNEY. Otoritas Australia mengumumkan penguncian Covid-19 tiga hari di kota utara Brisbane mulai Senin sore di tengah upaya membasmi wabah virus varian Inggris yang ganas. Sekitar 2 juta orang di kota terbesar ketiga Australia dan ibu kota negara bagian Queensland, akan diminta untuk tinggal di rumah mulai pukul 5 sore waktu setempat kecuali untuk pekerjaan penting, perawatan kesehatan, berbelanja atau berolahraga.

"Saya tahu ini panggilan yang sangat besar dan saya tahu ini sangat sulit," kata Perdana Menteri negara bagian Queensland Annastacia Palaszczuk kepada wartawan. "Paskah kita akan segera tiba, kita memiliki liburan sekolah yang akan datang, tetapi mari kita lakukan sekarang dan lakukan dengan benar," imbuh dia.

Pejabat negara bagian melaporkan empat kasus baru Covid-19 yang ditularkan secara lokal pada hari Senin (29/3). Kasus ini menjadikan kelompok kasus yang terkait dengan varian Inggris menjadi tujuh. Kasus pertama di kluster baru dilaporkan pada hari Jumat lalu.

Palaszczuk menunjuk pada keberhasilan penguncian selama tiga hari di Brisbane pada awal Januari setelah ditemukannya satu kasus varian Inggris. "Itu bekerja dengan sangat baik ketika kami melakukannya terakhir kali," kata dia.

Baca Juga: Harga minyak turun setelah lonjakan akibat penyumbatan Suez

Penguncian dalam waktu singkat, aturan jarak sosial, dan sistem pelacakan kontak yang cepat telah membantu Australia menahan kluster baru dalam beberapa bulan terakhir. Australia melaporkan lebih dari 29.200 kasus dan 909 kematian sejak pandemi dimulai.

Penguncian Brisbane saat ini dijadwalkan selesai tepat sebelum akhir pekan panjang Paskah dan libur sekolah di Australia. Waktu-waktu tersebut adalah waktu yang populer bagi orang-orang untuk bepergian.

Sekolah di kota itu akan ditutup mulai Selasa. Pemakaman dibatasi hingga 20 orang dan pernikahan dibatasi hingga 10 orang. Jumlah pelancong internasional, terdiri dari sebagian besar warga negara yang kembali dan penduduk tetap yang diizinkan masuk ke Brisbane telah dikurangi setengahnya.

Virgin Australia mengatakan semua penerbangan domestik ke Brisbane beroperasi seperti biasa pada hari Senin. Tetapi jadwal dapat diubah untuk menanggapi permintaan.

Baca Juga: Waduh! Meksiko revisi jumlah kematian akibat virus corona naik hingga 60%




TERBARU

[X]
×