kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45927,64   6,18   0.67%
  • EMAS1.325.000 -1,34%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Bukan Emas dan Kripto, Inilah Cara Warren Buffett Menjadi Kaya!


Kamis, 14 September 2023 / 07:55 WIB
Bukan Emas dan Kripto, Inilah Cara Warren Buffett Menjadi Kaya!


Reporter: Barratut Taqiyyah Rafie | Editor: Barratut Taqiyyah Rafie

KONTAN.CO.ID - Warren Buffett adalah salah satu investor paling sukses sepanjang masa. Oracle of Omaha telah mengumpulkan kekayaan senilai lebih dari US$ 100 miliar. Para investor dapat menggunakan ajarannya untuk meningkatkan portofolionya.

Melansir The Motley Fool dan Newtraderu.com, berikut sejumlah cara yang dilakukan Warren Buffett untuk menjadi kaya:

1. Bertahan dengan saham

Ada beberapa alasan kuat mengapa investor mungkin lebih memilih mengikuti strategi investasi nilai dan kualitas Buffett dibandingkan opsi alternatif seperti emas, mata uang kripto, atau menjadi tuan tanah.

Pendekatan Buffett menekankan investasi pada perusahaan-perusahaan mapan dengan fundamental yang kuat dan keunggulan kompetitif, yang secara historis telah menunjukkan ketahanan dalam berbagai kondisi perekonomian.

Mengikuti strategi Buffett melibatkan perspektif jangka panjang dan pendekatan disiplin dalam berinvestasi. Hal ini sejalan dengan prinsip-prinsip pembangunan kekayaan melalui penggabungan dan alokasi modal yang sabar.

Baca Juga: 10 Strategi Warren Buffett Agar Tidak Bangkrut, Bisa Ditiru

Sebaliknya, meskipun aset spekulatif seperti mata uang kripto menawarkan keuntungan cepat, aset tersebut sangat tidak dapat diprediksi. Sementara itu, meskipun investasi buy-to-let (beli untuk disewakan) merupakan hal yang baik, hal ini memerlukan modal awal yang besar dan mungkin melibatkan kompleksitas manajemen.

Oleh karena itu, memilih strategi investasi Buffett dapat menawarkan investor jalur yang lebih stabil dan teruji waktu dalam membangun kekayaan. Memang benar bahwa berinvestasi pada saham memiliki sedikit hambatan untuk masuk.

2. Kualitas tim manajemen 

“Ketika manajemen dengan reputasi cemerlang menangani bisnis dengan reputasi ekonomi buruk, reputasi bisnislah yang tetap utuh.” – Warren Buffett 

Kualitas tim manajemen perusahaan memainkan peran penting dalam kemampuannya untuk tumbuh dan sukses. 
Carilah manajer yang cakap, jujur, dan berorientasi pada pemegang saham yang memahami bisnis dengan baik dan memiliki catatan yang terbukti dalam menciptakan nilai pemegang saham.  

Baca Juga: Saran Investasi Terbaik dari Warren Buffett Agar Cepat Kaya

Buffett percaya bahwa manajemen perusahaan yang baik memiliki nilai intrinsik dan keunggulan yang sangat besar, tetapi ini hanya setengah dari perjuangan untuk kesuksesan investasi. 

Jika model bisnisnya buruk, bahkan manajemen yang baik pun tidak dapat menahannya.




TERBARU
Kontan Academy
Trik & Tips yang Aman Menggunakan Pihak Ketiga (Agency, Debt Collector & Advokat) dalam Penagihan Kredit / Piutang Macet Managing Customer Expectations and Dealing with Complaints

[X]
×